Cara Mengubah Latar Belakang Foto di Photoshop

Mengubah latar belakang foto di Photoshop

Apakah Anda ingin mengubah latar belakang foto di Photoshop? Adobe telah membuatnya cukup mudah untuk mengedit latar belakang foto.

Apakah Anda ingin mengubah latar belakang foto di Photoshop? Mungkin Anda ingin mengubah langit mendung menjadi hari cerah yang indah? Atau tambahkan latar belakang datar ke potret perusahaan Anda? Jika demikian, Anda akan senang mengetahui bahwa itu sebenarnya cukup mudah.

Mampu mengubah latar belakang gambar adalah salah satu fitur terbaik dari Adobe Photoshop. Aplikasi ini bahkan menyertakan alat untuk memilih area rumit seperti rambut dan warna yang serasi dari gambar yang berbeda.

Pendekatan terbaik untuk membuat perubahan latar belakang di Photoshop adalah membuat pilihan yang memisahkan latar depan dan latar belakang.

Seperti semua yang ada di Photoshop, ada beberapa cara berbeda untuk mencapai hasil yang sama. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan Quick Selection Tool, tetapi itu akan bekerja dengan baik dengan Pen Tool.

Inilah yang akan kita buat. Kita akan mulai dengan foto di sebelah kiri dan diakhiri dengan yang di sebelah kanan.

Langkah 1 – Pilih objek latar depan

Ambil Quick Selection Tool dari toolbar atau tekan W pada keyboard Anda (salah satu dari banyak shortcut keyboard yang berguna di Photoshop). Dengan sikat keras, klik dan seret ke dalam area yang ingin Anda pilih. Photoshop akan mencoba menebak bagian mana yang ingin Anda sertakan berdasarkan tingkat kontras gambar.

Hasilnya, Anda akan menemukan bahwa area dengan kontras tinggi dan tepi keras dipilih dengan rapi, tetapi kontras rendah dan tepi lembut akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

Untuk beberapa gambar, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk memilih latar belakang. Anda kemudian dapat membalikkan seleksi dengan menekan Shift + Ctrl + I di Windows, atau Shift + Cmd + I di Mac.

Langkah 2 – Perbaiki pilihan Anda

Untuk mempersempit pilihan Anda, perbesar gambar dan kurangi ukuran kuas Anda dengan menekan tanda kurung siku kiri. Sekarang lanjutkan mengklik dan menyeret untuk menambahkan bagian dari objek latar depan ke pilihan Anda.

Jika Anda perlu menghapus sesuatu dari pilihan, tahan Alt dan klik dan seret di area tersebut.

Idealnya, pilihan Anda harus berisi semua benda padat, tetapi Anda tidak perlu terobsesi untuk memilih helai rambut, misalnya. Kami akan memperbaikinya sebentar lagi.

Langkah 3: Pilih dan Mask

Di bilah opsi di bagian atas layar, klik Pilih & Topeng. Layar yang terbuka memungkinkan Anda untuk menyaring seleksi dan mengubahnya menjadi topeng.

Di panel Properties, klik opsi View Mode untuk mengubah cara Anda melihat pilihan Anda. Overlay adalah pilihan yang baik karena Anda dapat memilih warna yang kontras dengan gambar Anda. Tetapi saat Anda bekerja, Anda mungkin ingin menekan tombol F untuk menelusuri tampilan; latar belakang yang berbeda akan menyoroti masalah apa pun dengan pilihan Anda.

Langkah 4: Perbaiki Seleksi

Sekarang Anda dapat mulai memperbaiki seleksi. Di bilah alat di sisi kiri layar ada beberapa alat untuk membantu Anda dalam hal ini:

Alat seleksi cepat. Sama seperti yang kami gunakan pada langkah pertama, ini dapat digunakan untuk menambahkan (atau menghapus) area yang lebih luas dengan cepat ke pilihan Anda.
Alat Kuas Tepi Halus. Paling baik digunakan pada rambut dan tepi lembut lainnya.
Sikat. Gunakan ini pada tepi yang lebih keras.
Alat Lasso / Lasso Poligonal. Gambar area secara manual untuk ditambahkan atau dihapus dari pilihan Anda.

Perbesar gambar Anda untuk memeriksa tepi seleksi. Anda tidak perlu banyak menyentuhnya; kebanyakan Anda mencari area yang belum dipilih, dipilih secara salah, atau memiliki tepi yang sangat kasar.

Dalam gambar kita, kita akan mulai dengan alat Brush untuk melunakkan tepi dinding dan badan. Cukup cat untuk menambah pilihan, atau tahan Alt dan cat untuk menghapus area.

Kemudian beralih ke alat Refine Edge untuk menyentuh rambut atau tepi lembut lainnya. Di bawah Deteksi Tepi di panel kanan, centang kotak bertanda Radius Cerdas. Ini membantu Photoshop membedakan antara tepi lunak dan keras.

Juga, Anda dapat meningkatkan Radius sedikit. Anda harus melakukan ini dengan mata telanjang untuk melihat efeknya – tekan P untuk beralih antara sebelum dan sesudah.

Tempatkan sikat Refine Edge yang lembut di tepi luar rambut dan mulailah menyikat. Anda akan melihat helai rambut mulai menambah seleksi. Tahan Alt dan cat untuk membatalkan perubahan Anda jika Anda tidak menyukainya.

Langkah 5: Sesuaikan pengaturan

Opsi Select and Mask mencakup beberapa yang terdaftar di bawah Global Refinements. Kami tidak perlu menggunakannya untuk gambar kami, tetapi untuk referensi mereka adalah:

  • Mulus. Menghaluskan tepi seleksi, menghilangkan garis bergerigi. Baik untuk pilihan dengan batas terang.
  • Pena. Lembutkan tepi seleksi dengan menambahkan bulu.
  • Kontras. Memperkuat tepi seleksi dengan meningkatkan kontras pada piksel tepi.
  • Gulir perbatasan. Memindahkan seluruh pilihan Anda masuk atau keluar dengan jumlah piksel yang ditentukan.

Langkah 6 – Hapus Pinggiran Warna

Setelah Anda puas dengan pilihan Anda, buka Pengaturan Output di panel kanan. Centang Dekontaminasi Warna untuk menghilangkan sisa warna yang tersisa dalam pilihan Anda.

Di bawah Output, pilih New Layer With Layer Mask dan klik OK. Anda sekarang akan kembali ke gambar utama Anda, dengan pilihan Anda ditambahkan sebagai layer baru. Sekarang setelah Anda menghapus latar belakang dari gambar, Anda siap untuk menambahkan latar belakang baru.

Langkah 7 – Tempel latar belakang baru Anda

Selanjutnya, tempel gambar yang berisi latar belakang baru Anda. Tempatkan pada layer tepat di bawah layer yang berisi pilihan latar depan Anda.

Gunakan Hand Tool untuk menempatkan layer di tempat yang Anda inginkan, ubah ukurannya jika perlu dengan Free Transform Tool (Ctrl +T atau Cmd + T). Ambil pegangan di sudut atau sisi gambar dan seret ke dalam untuk mengurangi ukurannya. Tahan tombol Shift untuk menjaga rasio aspek yang sama.

Langkah 8 – Cocokkan Warnanya

Sekarang seharusnya terlihat cukup bagus. Langkah terakhir adalah memperbaiki warna latar depan untuk memastikannya menyatu dengan baik dengan latar belakang.

Pilih lapisan latar depan, pastikan untuk memilih gambar, bukan topeng. Pergi ke Image > Adjustments > Match Color.

Di jendela yang terbuka, buka Sumber dan pilih gambar yang sedang Anda kerjakan. Di bawah Layer, pilih layer yang ingin Anda perbaiki; Anda dapat mencocokkan latar depan dengan latar belakang baru Anda atau sebaliknya.

Sekarang centang kotak Neutralize untuk menghapus gips warna dari layer yang dipilih dan sesuaikan opsi Luma dan Vibrance hingga latar depan dan latar belakang cocok. Anda dapat mengurangi efeknya menggunakan penggeser Fade jika perlu. Gunakan opsi Pratinjau untuk beralih antara status sebelum dan sesudah.

Langkah 9: Anda selesai!

Klik OK dan selesai. Simpan file Anda dalam format PSD untuk menyimpan semua informasi lapisan. Dengan latar depan, latar belakang, dan gambar asli pada lapisan terpisah, file Anda tetap dapat diedit sepenuhnya. Untuk lebih banyak cara meningkatkan pengeditan gambar Anda, cobalah tip alur kerja Adobe Photoshop ini.

Anda dapat mengedit topeng untuk menambah atau menghapusnya dari apa yang terlihat di latar depan, dan Anda dapat mengubah posisi latar belakang atau bahkan bereksperimen dengan yang sama sekali berbeda.

Untuk membagikan gambar Anda, Anda harus menyimpannya dalam format lain. Buka File > Save As dan pilih JPEG untuk melakukan ini. Jangan hapus PSD Anda, itu cadangan Anda!

Bagaimana jika Anda tidak memiliki Photoshop?

Cara mengubah latar belakang foto di Photoshop Saat Anda ingin mengubah latar belakang gambar di Photoshop, caranya mudah. Anda bahkan dapat dengan cepat menambahkan seseorang ke gambar Anda atau menghapus noda dari foto. Tetapi Anda juga dapat mencapai hal serupa di sebagian besar paket grafis serius lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.