Cara Menggambar Mengunakan Pensil Dengan Mudah

Menggambar Mengunakan Pensil Dengan Mudah

Menggambar seseorang bisa menjadi tantangan, bahkan untuk seniman berpengalaman. Mendapatkan proporsi tubuh manusia yang benar bisa jadi rumit,  ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menggambar garis dasar seseorang. Anda kemudian dapat membuat penyesuaian kecil berdasarkan tipe orang yang ingin Anda gambar.

Metode 1

Menggambar Orang Yang Realistis

1. Gambar garis vertikal dan bagi menjadi 8 bagian yang sama. Setiap bagian akan sama dengan panjang kepala, yaitu panjang kepala orang Anda dari atas ke bawah. Sosok dewasa biasanya memiliki tinggi 8 kepala,

  • Gambar garis horizontal untuk membagi garis vertikal, ingatlah bahwa garis horizontal atas akan menjadi bagian atas kepala orang Anda dan garis bawah akan menjadi bagian bawah kaki orang Anda.
  • Jika Anda ingin menggambar seorang anak, bagilah garis vertikal menjadi lebih sedikit kepala, karena anak-anak umumnya lebih pendek daripada orang dewasa. Misalnya, gunakan 3 panjang kepala untuk balita atau gunakan 6 untuk anak berusia 10 tahun.

2. Gambarlah garis kasar bagian tubuh yang berbeda. Gunakan panjang kepala yang Anda tandai di atas kertas untuk membantu Anda dengan proporsinya. Pastikan untuk menyertakan garis kasar untuk kepala, lengan, tubuh, dan kaki. Jangan khawatir tentang membuat bentuk yang tepat dulu, karena ini hanya sketsa kasar.

  • Lingkar kepala harus berada di dalam bagian atas panjang kepala.
  • Garis besar tubuh dan lengan orang tersebut harus dimulai dari bagian panjang kepala kedua  dan meluas ke bagian keempat.
  • Garis besar kaki harus menempati 4 bagian bawah dari panjang kepala.

3. Hubungkan dan perbaiki kontur bagian tubuh yang berbeda. Lacak di sekitar tepi luar tubuh untuk menghubungkan garis-garis yang berbeda sehingga mereka mengalir bersama dengan lancar. Pada titik ini, Anda dapat mulai menyesuaikan proporsi tubuh agar terlihat lebih maskulin atau feminin, tergantung pada apa yang Anda cari.

  • Jika Anda ingin menggambar orang dengan fitur maskulin, lebarkan bahu, dada, dan pinggang, serta ambil pinggul untuk membuatnya lebih sempit. Secara umum, gunakan lebih banyak garis bersudut saat menentukan garis luar gambar Anda.
  • Untuk menggambar seseorang dengan fitur feminin, sempitkan area bahu dan dada dan lebarkan pinggul dan paha. Cobalah untuk menggunakan garis yang lebih bulat dan lebih lembut untuk menguraikan sosok Anda.

 

4. Tambahkan detail yang lebih kecil seperti fitur tangan dan wajah. Anda juga harus menggambar garis besar kaki, rambut, dan lutut. Jika Anda menggambar seseorang dengan fitur feminin, tambahkan payudara dan bulatkan pinggul dan paha. Untuk seseorang dengan fitur maskulin, tentukan otot perut, dada, dan lengan.

  • Pada titik ini, tubuh orang tersebut harus selesai.

5. Gambarlah pakaian di tubuh orang tersebut. Anda bisa berkreasi dengan bagian ini. Cobalah menggambar berbagai gaya dan potongan kemeja, celana, sepatu, dan aksesori. Untuk tampilan yang lebih feminin, Anda dapat menggambar gaun atau rok pada sosok Anda. Untuk menggambar pakaian, cukup gambar di tempat yang akan jatuh secara alami di tubuh orang tersebut jika mereka memakainya. Kemudian, hapus semua bagian tubuh di dalam garis luar pakaian, karena area tersebut akan tertutup.

6. Hapus garis dan bayangan yang tidak perlu dalam gambar Anda. Masuk dan hapus garis vertikal dan horizontal yang Anda gambar di awal untuk menandai bagian panjang kepala. Anda juga harus menghapus sketsa kontur sebelumnya yang tidak termasuk dalam gambar akhir. Setelah selesai, warnai pakaian, kulit, dan rambut orang tersebut agar terlihat lebih realistis dan tiga dimensi.

  • Saat Anda menaungi gambar Anda, bayangkan ada sumber cahaya imajiner yang bersinar di sisi orang Anda. Kemudian, gelapkan bagian tubuh orang di sisi yang berlawanan dengan lebih banyak menaungi mereka, karena di situlah bayangan akan berada.

Metode 2

Menggambar Orang Kartun

1. Gambarlah sebuah oval dan bagilah menjadi 4 bagian yang sama. Ini akan menjadi kepala karakter kartun Anda. Buat kepala lebih besar daripada yang Anda lakukan untuk orang yang tampak realistis, karena kartun sering kali memiliki proporsi yang berlebihan. Gunakan garis horizontal dan vertikal untuk membagi oval menjadi 4 bagian yang sama.

  • Garis horizontal dan vertikal pada oval akan membantu Anda menggambar wajah kartun Anda nantinya.

2. Gambarlah sebuah silinder untuk leher dan persegi panjang untuk batang tubuh. Gambarlah lehernya sehingga keluar dari bagian tengah bawah oval. Kemudian gambar persegi panjang yang keluar dari bagian bawah leher untuk membuat tubuh karakter kartun Anda.

  • Jika Anda ingin menggambar orang kartun dengan fitur feminin, buat bagian atas persegi lebih sempit dan bagian bawah persegi lebih lebar.
  • Untuk menggambar orang kartun dengan fitur maskulin, lebarkan bagian atas persegi panjang dan persempit bagian bawah.

3. Jika Anda ingin menggambar orang kartun dengan fitur feminin, buat bagian atas persegi lebih sempit dan bagian bawah persegi lebih lebar. Untuk menggambar orang kartun dengan fitur maskulin, lebarkan bagian atas persegi panjang dan persempit bagian bawah.

  • Gunakan garis lurus bersudut jika Anda menggambar kartun pria dan garis bulat halus jika Anda menggambar kartun wanita.

4. Garis besar tangan dan kaki. Gambarlah garis tangan di ujung setiap lengan. Kemudian gambar garis luar kaki di ujung setiap kaki. Jangan khawatir tentang membuatnya tepat. Anda dapat kembali lagi nanti dan menyesuaikannya.

5. Gambarlah wajah dan rambut. Untuk wajah, gambarkan mata pada garis horizontal dan mulut dan hidung pada garis vertikal. Karena Anda menggambar karikatur dan bukan orang yang realistis, besarkan mata dengan membuatnya lebih besar dari fitur wajah lainnya. Saat Anda menggambar rambut, buat garis rambut mulai sedikit lebih rendah dari bagian atas kepala.

  • Berkreasilah dengan gaya rambut yang Anda pilih. Anda dapat memberi orang Anda gaya rambut pendek yang sederhana, atau Anda dapat mencoba menggambar rambut panjang atau keriting

6. Gambarlah pakaian di tubuh orang kartun. Seperti halnya rambut, terserah Anda ingin menggambar pakaian seperti apa. Anda dapat mencoba menggambar kemeja lengan panjang atau pendek, celana pendek atau celana, gaun, rok, atau pakaian lain yang Anda suka. Juga, jangan lupa untuk menggambar sepatu dan sertakan aksesori apa pun yang Anda inginkan untuk dikenakan oleh karakter kartun Anda.

  • Setelah menggambar pakaian, hapus apa pun di dalam garis luar potongan pakaian, karena bagian tubuh karakter kartun Anda akan tertutup.

7. Ratakan garis pada gambar Anda dan hapus garis yang tidak perlu. Lacak di sekitar bagian luar gambar Anda untuk menghubungkan semua kontur yang Anda gambar sebelumnya. Kemudian masukkan dan hapus semua garis yang termasuk dalam garis besar itu, termasuk garis horizontal dan vertikal pada wajah.

  • Setelah menghapus semua garis latar belakang pada gambar Anda, Anda selesai

8. Selasai

Leave a Reply

Your email address will not be published.