Cara Mendesain Logo di Microsoft Word Langkah Demi Langkah

Mendesain Logo di Microsoft Word

Logo adalah simbol grafis yang merupakan kombinasi huruf, bentuk, dan gambar bergaya yang digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan, organisasi, produk, atau perusahaan. Logo yang dirancang dengan baik membantu membentuk ikatan dengan audiens target Anda. Banyak program desain grafis seperti PHOTOSHOP, ADOBE adalah pemenang di bidang kreatif dan terutama digunakan oleh desainer grafis profesional. Tetapi apakah Anda pernah berpikir untuk menggunakan Microsoft Word untuk mendesain logo yang bagus untuk proyek kampus atau merek kecil Anda? Jika tidak, artikel ini akan membawa Anda melalui cara mendesain logo menggunakan Microsoft Word.

Mengapa menggunakan MS Word?

Microsoft Office adalah rangkaian produktivitas dan bukan seperangkat alat kreatif. MS Powerpoint banyak digunakan oleh semua orang saat dibutuhkan. Tapi, MS Word pun banyak digunakan untuk membuat dokumen Word bahkan bisa digunakan untuk membuat logo yang impresif. Mari kita lihat mengapa kita tidak boleh mengabaikan MS Word saat membuat logo.

  1. Jutaan orang menggunakannya di seluruh dunia.
  2. Muncul dengan sejumlah alat yang berguna untuk mengedit teks dan gambar.
  3. Teks dan gambar (bentuk geometris) dapat dengan mudah digabungkan untuk menciptakan komposisi yang seimbang.
  4. Ini juga memungkinkan Anda untuk memindahkan bentuk geometris, objek SmartArt, dan simbol pada halaman dokumen.
  5. Kop surat dapat dicetak dengan logo yang dikembangkan di Microsoft Word.
  6. Anda dapat dengan mudah bermain dengan tekstur dan latar belakang.

Microsoft Word menawarkan berbagai macam font dan bentuk yang menakjubkan untuk membuat logo. Dalam hal mendesain logo, hampir tidak ada program yang lebih nyaman bagi para penghobi daripada MS Word. Dengan menggabungkan berbagai bentuk, objek WordArt, kata-kata, dan gambar, Anda bisa mendapatkan desain perusahaan yang cukup bagus.

Bagaimana cara membuat logo?

Logo berikut ini saya pinjam dari internet agar bisa diduplikasi di MS Word. Dengan contoh ini, Anda akan memahami bagaimana Word mencoba mendesain logo. MS Word tidak dapat mereplikasinya dengan tepat, tetapi akan melakukan yang terbaik untuk mendesainnya.

Siapkan dokumen Word

Langkah 1: Buka dokumen MS Word baru.

Langkah 2: Pergi ke View > Grid Lines.

CATATAN: Garis kisi membantu meratakan bentuk dan objek lain dalam dokumen Word. Anda hanya dapat melihatnya dalam tampilan Cetak.

Langkah 3 – Sekarang, klik Layout > Align > Grid Settings.

Langkah 4: Jendela Grid and Guides terbuka. Pastikan untuk mencentang kotak pada “Jepret objek ke objek lain” dan “Jepret objek ke kisi saat garis kisi tidak ditampilkan.” Terakhir, klik OK.

Pastikan pengaturan ini diaktifkan dan kami akan melakukannya dengan baik sebelum kami memasukkan bentuk dan mulai mendesain.

Desain Logo

 

Langkah 1: Buka Sisipkan > Bentuk > Oval.

Langkah 2: Gambar lingkaran dengan mengklik tombol kanan mouse dan menyeretnya. Ubah warna kanvas menjadi hitam dengan mengklik dua kali pada bentuknya.

Langkah 3: Sekali lagi Sisipkan > Bentuk (Oval). Klik dua kali pada gambar untuk mengubah gaya dan warnanya. Di sini, saya mengubah warna lingkaran kedua menjadi Putih.

Langkah 3: Sekarang, overlay lingkaran putih di atas lingkaran hitam seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 4 – Gunakan bentuk Arc dan Line untuk membuat segitiga seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Buat dua salinan dari segitiga ini.

Langkah 5: Pindahkan segitiga-segitiga ini ke posisinya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 6: Sekarang, klik Sisipkan > WordArt. Tulislah huruf “B” seperti pada gambar di bawah ini. Ulangi hal yang sama untuk dua huruf berikutnya.

CATATAN: Ini adalah langkah sederhana dan cukup jelas. Anda juga dapat menggunakan kotak teks di sini.

Langkah 7: Akhirnya, logo yang dibuat ditampilkan di bawah ini.

Langkah 8 – Pilih semua bentuk dan teks yang disisipkan dengan mengklik “Shift + Klik Kiri”. Setelah semuanya dipilih, klik kanan dan klik Grup untuk bergabung dengan mereka.

Langkah 9 – Terakhir, simpan logo Anda sebagai gambar. Tetapi MS Word tidak dapat menyimpannya sebagai gambar. Untuk melakukannya, klik Sisipkan > Tangkapan Layar > Kliping Layar.

Fitur MS Word Lainnya yang Dapat Anda Gunakan dalam Merancang Logo

 

IKON

Koleksi ikon baru dapat ditemukan di menu Sisipkan (hanya tersedia di Microsoft Office 365). Pilih dari berbagai kategori, seperti orang, teknologi, dan bisnis. Pilih ikon yang menurut Anda dapat digunakan secara kreatif dalam sebuah logo.

PETA KARAKTER

Peta Karakter Windows juga merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan simbol untuk logo Anda. Beberapa font datang secara default dan dapat membantu Anda menemukan solusi cerdas ketika Anda tidak dapat menemukan cara yang cocok untuk menggunakannya.
Untuk membuka Peta Karakter, di kotak pencarian di bilah tugas, ketik peta dan pilih Peta Karakter dari hasilnya. Salin simbol yang Anda inginkan dari karakter.

Selesai! Microsoft Word memiliki banyak alat desain untuk membantu Anda membuat logo yang unik. Anda akan mencatat bahwa perangkat lunak tidak dimaksudkan untuk menjadi editor grafis. Dengan artikel ini, Anda akan dapat mengeksplorasi sisi kreatif Anda, mencoba menerapkan ide, dan belajar tentang keterbatasan Word. Anda dapat menggunakan ini dalam proyek kuliah Anda untuk membuat beberapa logo sederhana.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.