Cara Membuat Logo di Photoshop

Membuat Logo di Photoshop

Apakah membuat logo sendiri tampak seperti tugas yang sulit? Yah, itu tidak harus!

Ada banyak perangkat lunak seni digital yang tersedia seperti Photoshop, yang memungkinkan Anda membuat logo meskipun Anda tidak memiliki pengalaman mendesain logo.

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Photoshop untuk mendesain logo Anda sendiri, terlepas dari tingkat keahlian atau kemahiran Anda dengan perangkat lunak tersebut. Di akhir tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat logo menggunakan alat bentuk, gradien warna, dan desain font.

Namun, sebelum merancang apa pun, penting untuk melakukan brainstorming. Buat catatan dan bahkan beberapa sketsa tentang apa yang ada dalam pikiran Anda, sehingga Anda memiliki sesuatu untuk mendasari pekerjaan Anda. Ini akan berfungsi sebagai titik referensi yang dapat Anda lihat selama proses desain logo dan pastikan pekerjaan Anda selaras dengan visi Anda.

Membuat Logo di Photoshop

Untuk posting ini, saya akan menggunakan perangkat lunak Photoshop dasar tanpa plugin atau paket.

Tujuan saya adalah membuat desain untuk bisnis saya, Snowflake Gems, yang menjual permata dan perhiasan. Saya akan memandu Anda melalui setiap langkah proses desain logo, yang dapat Anda tiru untuk membuat desain logo yang telah Anda uraikan untuk merek Anda.

Siap untuk mulai mendesain?

1. Buat kanvas baru.

Langkah pertama dalam perjalanan desain membuat logo di Photoshop Anda adalah membuat kanvas kosong. Kami menyarankan Anda mengubah pengukuran ke Piksel dan menggunakan ukuran kanvas minimal 500 piksel kali 500 piksel. Piksel (px) adalah ukuran yang dikenal secara universal di dunia desain.

Anda dapat menggunakan ukuran kanvas yang lebih besar atau lebih kecil jika Anda suka, tetapi ini adalah ukuran yang layak untuk memulai. Jika Anda ingin mengubah ukuran kanvas, Anda dapat melakukannya kapan saja dengan membuka properti kanvas dan mengubah tinggi dan lebar secara manual.

2. Buat file simpan.

Selalu, selalu, selalu (kami mengatakannya 3 kali, jadi pasti penting) buat file simpan. Anda tidak pernah tahu kapan hal yang tidak terpikirkan akan terjadi, seperti menumpahkan secangkir kopi ke seluruh laptop Anda (saya pernah ke sana!), dan Anda ingin memastikan pekerjaan Anda terselamatkan.

Salah satu hal hebat tentang Photoshop adalah Anda dapat menyimpan langsung ke cloud Adobe. Ini berarti bahwa meskipun laptop Anda terbakar dan hancur berkeping-keping, Anda masih dapat mengakses desain logo Anda dari komputer lain.

Klik File, lalu Save As, dan pilih untuk menyimpan ke cloud Adobe. Jika Anda merasa berani, Anda dapat menyimpan desain logo Anda ke hard drive komputer Anda.

3. Menggambar bentuk dasar.

Untuk menggambar bentuk dasar, pilih Pen tool dari toolbar. Anda juga dapat menekan pintasan P. Pastikan itu diatur ke Bentuk di bilah opsi, dan bukan Jalur.

Catatan: Kami juga menyarankan Anda mengaktifkan kisi karena membuat proses menggambar jauh lebih mudah dikelola. Lihat ke sudut kanan atas dan Anda akan melihat kaca pembesar yang memungkinkan Anda untuk mencari alih-alih mencari melalui semua opsi yang berbeda.

Ketik Grid dan ketika muncul di bilah pencarian Anda akan melihat pintasan yang tersedia dan cukup klik untuk mengaktifkannya.

Sekarang setelah grid menyala, mari menggambar bentuk panah dengan pensil. Mulailah dengan mengklik titik atas kanvas, lalu klik 3 titik lagi untuk membuat desain. Anda dapat membuat bentuk apa pun yang Anda inginkan di sini, tetapi untuk membantu Anda membiasakan diri dengan Photoshop, Anda dapat mengikuti desain kami.

4. Perbaiki desain dengan menduplikasinya.

Saat ini logo kami tidak terlihat banyak, tapi ini baru permulaan. Menggunakan panah dasar kami, kami akan menduplikasinya untuk membuat desain kepingan salju yang rumit dengan gradien warna yang keren.

Suite desain seperti Photoshop menggunakan lapisan untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Ini memungkinkan Anda untuk melapisi elemen yang berbeda di atas satu sama lain untuk menciptakan efek yang indah. Panah yang kita hasilkan adalah sebuah layer, dan kita dapat dengan bebas mengedit dan memanipulasinya.

Jadi, mari kita gandakan.

Kepala ke sisi kanan dan di dalam panel Layers, klik kanan pada layer panah dan pilih duplikat.

Selamat! Anda baru saja menggandakan layer pertama Anda. Sekarang, kita harus memindahkannya agar kita bisa melihatnya. Tekan A, yang merupakan pintasan untuk Direct Selection Tool, dan klik di bagian atas panah. Kami ingin memindahkannya sedikit.

Jika Anda membuat kesalahan atau ingin membatalkan sesuatu, tekan CTRL + Z.

5. Tambahkan gradien warna.

Warna memainkan peran penting dalam desain logo. Untuk membuat logo kita menonjol, kita akan menggunakan gradien warna.

Sekarang logo gradien agak kontroversial karena mengingatkan beberapa desainer pada fase desain WordArt yang memalukan. Namun, jika itu berhasil untuk Instagram dan Airbnb, itu bisa berhasil untuk kita!

Untuk membuat gradien baru di Photoshop, klik Isi pada menu atas, pilih Gradien Baru dan pilih salah satu yang sudah jadi atau buat sendiri.

Sekarang untuk mendapatkan efek yang kita inginkan, pilih gradien dan untuk layer kedua, balikkan menggunakan tombol invert di sudut kanan bawah jendela isi.

6. Buat grup dan duplikat beberapa layer.

Logo kami mulai terbentuk, tetapi kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan.

Mari kita kelompokkan 2 lapisan kita dengan memilih keduanya dan menekan tombol grup, atau CTRL + G. Pengelompokan memudahkan untuk menangani beberapa lapisan sekaligus.

Gandakan grup baru dan dengan Free Transform Tool, CTRL + T, kita akan memutarnya 180 derajat.

Jika Anda menahan tombol Shift, simbol putar akan muncul; sekarang seret grup untuk mengonversinya. Setelah terbalik, kami akan melepaskannya. Lakukan ini 2 kali lagi, sampai Anda memiliki 4 elemen yang saling menunjuk.

7. Buat ruang dan duplikat lagi.

Anda dapat membuat ruang di tengah bentuk Anda dengan memindahkan setiap bentuk sedikit menjauh dari pusat. Kemudian buat grup baru yang terdiri dari semua 4 layer dan duplikat. Putar bentuk duplikat 45 derajat dan kami memiliki kepingan salju! Anda dapat menduplikasi grup Anda sebanyak yang Anda inginkan.

8. Tambahkan lingkaran dengan shape tool.

Menggunakan alat bentuk, kita akan menambahkan lingkaran.

Pergi ke icon Shape Tools, klik kanan dan pilih lingkaran. Arahkan ke tengah desain logo Anda dan tahan ALT untuk mulai menggambar lingkaran.

Kemudian Anda dapat mengubah warna lingkaran menjadi putih jika Anda ingin membuat ruang besar yang bagus di tengah logo Anda.

9. Tambahkan persegi panjang dan pusatkan itu.

Menggunakan Shape Tool lagi, pilih persegi panjang kali ini dan buat kotak putih.

Di sinilah teks logo kita akan pergi. Untuk menyelaraskannya ke tengah secara otomatis, gunakan alat Align pada bilah menu atau tombol Align pada bilah opsi.

10. Tambahkan teks.

Untuk menambahkan teks ke logo Anda, klik ikon T, yang merupakan alat Kotak Teks di bilah alat, atau tekan T.

Kemudian seret kotak teks melintasi layar untuk membuatnya. Ketik teks yang diinginkan (yaitu nama merek Anda).

 

11. Pilih font dan warna Anda.

Sangat penting untuk memilih jenis huruf yang mewakili merek Anda. Font serif, sans-serif, atau melengkung dapat secara dramatis mengubah tampilan logo Anda, jadi silakan bereksperimen sampai Anda menemukan font yang sempurna.

Pastikan bahwa Anda adalah pemilik sah font Anda dan Anda dapat menggunakannya untuk tujuan komersial untuk menghindari masalah di masa mendatang.

11. Lakukan penyesuaian.

Anda memiliki banyak ruang untuk melakukan pengeditan atau penyesuaian sesuai kebutuhan, seperti mengubah warna, bentuk, atau bahkan menggandakan lagi dan menambahkan lebih banyak elemen. Saat Anda puas dengan desain akhir Anda, simpan dalam format apa pun yang Anda butuhkan dan jangan ragu untuk kembali dan mengeditnya kapan saja.
Kepadamu

Anda baru saja belajar cara membuat logo di Photoshop! Ini adalah alat hebat yang dapat Anda gunakan, tetapi akan membutuhkan waktu dan upaya untuk mempelajari seluk beluknya.

Jika Anda menginginkan desain logo yang fantastis tanpa kerja keras, gunakan pembuat logo kami. Anda dapat menggunakannya untuk membuat logo dalam waktu kurang dari 5 menit, dan Anda tidak memerlukan pengalaman desain apa pun untuk mendapatkan hasil yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.