Cara Menggambar Mata Anime

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menggambar mata anime untuk membantu Anda membangun fondasi yang kuat dalam gaya seni manga. Menggambar mata yang dapat dipercaya dan ekspresif untuk karakter anime atau manga Anda sangat penting untuk menciptakan tampilan yang otentik dan menarik.

Kumpulkan alat Anda, baik itu kertas, pensil, dan penghapus, atau alat digital seperti Procreate dan iPad Pro, dan mari mulai menggambar!

Sebelum kita mulai cara menggambar mata anime, kita perlu memiliki rencana aksi. Ini melibatkan dua tahap menggambar: tahap kasar dan tahap pembersihan. Pada tahap awal, kami menggambar longgar, tidak rapi dan bebas, membangun fondasi yang kuat di atas kertas kami.

Pada tahap pembersihan, kami fokus untuk membuat fondasi terlihat bersih dan profesional. Jika Anda sedang mengerjakan di atas kertas, gambarkan skenario kasar Anda seringan mungkin. Jika Anda bekerja secara digital, gunakan dua lapisan dalam perangkat lunak seni Anda, satu untuk pekerjaan seadanya dan satu untuk pembersihan. Anda selalu dapat meringankan lapisan kasar menggunakan penggeser opacity nanti.

Hal ini juga diperlukan untuk menggambar fitur manusia untuk memahami bagaimana kita mendekati menggambar. cara menggambar mata anime pertama kita menggambar bentuk dasar atau bentuk 3D, lalu kita membengkokkannya menjadi bentuk yang bagus, dan terakhir kita menambahkan detail kita. Kami menggunakan ‘alur kerja menggambar’ ini terutama untuk tahap awal dan mengingatnya saat kami melakukan langkah pembersihan.

Konon, untuk sebagian besar, mata anime biasanya tidak diambil dari dasar bola 3D. Sebaliknya, mereka digambar sebagai “stiker” dan datar seperti kertas. Kita akan mempertimbangkan bentuk datar ini ketika kita mendekati konsep bentuk dalam menggambar.

Di sini kita dapat melihat diagram dasar yang menunjukkan perbedaan bentuk 3D antara mata nyata berdasarkan bola dan mata anime yang pada dasarnya seperti stiker datar.

Ingatlah struktur datar ini saat cara menggambar mata anime dari tampilan samping karakter, di mana bentuknya dikompresi secara efektif.

Dalam dunia cara menggambar mata anime, kita perlu menyadari bahwa pada dasarnya ada ribuan gaya yang berbeda. Saya akan fokus untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan beberapa jangkar kunci untuk menggambar mata anime yang Anda inginkan, dan menunjukkan bagaimana Anda dapat menambahkan bayangan Anda sendiri ke mata.

9 Langkah Cara Menggambar Mata Anime

Mari kita mulai dengan langkah-langkahnya, dimulai dengan tahap pendahuluan dan diakhiri dengan tahap pembersihan.

Langkah 1 – Cara Menggambar Mata Anime ,Garis Kelopak Mata Atas

Mulailah dengan menggambar bentuk yang sedikit melengkung dengan beberapa garis. Bentuknya harus lebih tebal di bagian tengah dan lebih tipis di bagian tepinya. Ini akan menjadi garis kelopak mata atas. Untuk tampilan yang lebih maskulin, Anda dapat meninggalkan garis bulu mata di ujungnya dan untuk tampilan yang lebih feminin, sertakan garis bulu mata tersebut. Jangan menambahkan terlalu banyak bulu mata, jaga agar tetap longgar dan alami.

Langkah 2 – Bentuk Sudut Luar

Gambarlah bentuk sudut luar kecil yang lebih tebal di bagian atas dan lebih tipis saat meruncing ke bawah.

Langkah 3 – Lipatan Kelopak Mata

Gambar garis indikator kecil “lipatan tutup”. Anda juga dapat menggambar seluruh garis tutup jika Anda suka, tetapi garis indikator tersirat ini adalah pendekatan longgar yang baik.

Langkah 4 – Iris

Gambarlah bentuk lingkaran iris. Ekspresi mata yang berbeda menunjukkan jumlah yang berbeda dari bentuk melingkar ini, tetapi untuk pembelajaran dasar kita, mari kita tetap menyembunyikan bagian atas bentuk di bawah kelopak mata. Biarkan garis atas lingkaran lebih tebal dan lebih tipis.

Langkah 5 – Garis Indikator Tutup Bawah

Gambar garis indikator kelopak mata bawah kecil di bagian bawah iris.

Langkah 6 – Siswa

Sekarang, gambarkan pupil karakter Anda dan tambahkan beberapa garis silang ringan untuk menaungi bentuk pupil.

Langkah 7 – bayangan mata

Gambarlah bayangan di tutup atas memastikan bentuknya meruncing ke arah sisi dalam. Pada titik ini, Anda juga ingin membuat bayangan dalam bentuk iris.

Langkah 8 – Sorotan

Tambahkan sorotan! Ini mungkin bagian yang paling lucu! Tambahkan sorotan kecil ke pupil dan sorotan yang lebih besar ke iris.

Langkah 9 – Membersihkan

Kita sekarang dapat membersihkan gambar kasar kita dengan kembali ke gambar kita dengan garis yang lebih bersih dan lebih gelap. Gunakan spidol, spidol, atau kuas tinta digital untuk tampilan yang bersih.

Ini adalah jangkar utama untuk menggambar mata anime dengan baik. Dengan menggambarnya di wajah, Anda dapat membalikkan bentuk untuk mata yang berlawanan. Ingatlah untuk menjaga jarak seukuran mata di antara mata Anda!

Jadilah kreatif: Anda dapat membengkokkan bentuk, memanjangkan atau memperpendek elemen, membuat benda lebih tebal atau lebih tipis, mendesain semua jenis pantulan, pupil dan bayangan yang berbeda, dan banyak lagi. Cobalah bereksperimen dengan mempelajari aturan dasar ini terlebih dahulu, lalu bereksperimen dengan melanggarnya untuk membuat desain unik Anda sendiri. Lihatlah contoh di bawah ini untuk beberapa ide mata anime, berdasarkan jangkar utama.

5 Tips Tambahan Cara Menggambar Mata Anime

Sekarang setelah Anda memiliki dasar-dasar dasar cara menggambar mata anime ke bawah, berikut adalah lima tip tambahan untuk cara menggambar dalam gaya anime atau manga. Ingatlah hal-hal berikut dan Anda akan menggambar manga yang otentik dan menarik dalam waktu singkat!

  1. Saat Anda menggambar garis akhir Anda, pastikan garis paling tebal dan paling gelap disimpan hanya untuk mata.
  2. Garis bersih yang digunakan untuk sisa gambar biasanya sangat halus dan lebih ringan daripada garis untuk mata.
  3. Dalam banyak gaya ilustrasi, hidung hanya digambar sebagai titik-titik kecil atau bentuk berbentuk L di bagian atas wajah, tepat di bawah mata.
  4. Bergantung pada gayanya, ekspresi mulut juga dapat digambar sebagai bentuk yang lebih datar daripada bentuk 3D.
  5. Terakhir, pastikan untuk menonton anime dan manga favorit Anda dan perhatikan secara kritis bagaimana mereka memperlakukan mata, garis, dan proporsi.

 

Cara menggambar mata anime dalam 9 langkah kita praktekan jadi untuk pemula jangan khawatir tidak bisa membuat mata anime. Krena dilengkap gambar di bawahnya. Selamat mencoba..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.