Cara Membuat Logo Di Canva

Cara Membuat Logo Di Canva

Pada postingan kali ini, saya akan menunjukkan cara membuat logo di Canva. Saya akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah, dan pada akhir panduan ini, Anda akan memiliki semua pengetahuan yang Anda butuhkan untuk membuat logo profesional untuk bisnis atau merek anda.

1. Siapkan kit merek Anda

Sebelum Anda mulai membuat logo di canva, sebaiknya pastikan semua font yang Anda butuhkan tersedia di Canva dan Anda dapat dengan mudah mengakses warna identitas merek apa pun. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan kit merek (jika Anda telah melakukannya, lanjutkan ke langkah 2).

Untuk mengakses kit merek di Canva, cukup masuk dan klik opsi “Kit Merek” di sebelah kiri.

Anda kemudian akan melihat beberapa opsi untuk mengunggah aset merek.

Klik opsi ‘Tambahkan Kit Merek’ di sudut kanan atas layar untuk mulai membuat kit Anda. Anda akan diminta untuk memberinya nama, lalu Anda dapat mulai menentukan warna dan font merek.

Tambahkan warna merek apa pun yang Anda butuhkan dengan mengklik simbol plus di bagian “Warna Merek” (Anda mungkin perlu memiliki kode hex atau detail CYMK untuk melakukannya, atau Anda dapat menggunakan pemilih warna ).

Kemudian tambahkan font merek apa pun menggunakan tombol ‘upload font’ yang disediakan.

Sekarang Anda dapat dengan mudah menggunakan warna dan font ini saat membuat logo Anda.

2. Buka alat desain Canva

Untuk mulai membuat logo, Anda perlu mengeklik tombol “Buat Desain” di sudut kanan atas antarmuka Canva.

Kemudian klik opsi ‘Logo’.

Ini akan membawa Anda ke layar di mana Anda dapat mengakses template logo di sebelah kiri dan mengedit desain di sebelah kanan.

3. Pilih template logo sebagai titik awal

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih template logo sebagai titik awal untuk desain Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan fitur pencarian Canva.

Jadi, misalnya, jika Anda mendesain logo untuk kedai kopi, Anda bisa memasukkan kata “secangkir kopi” di kotak pencarian.

Ini akan mengembalikan sejumlah template, dan tergantung pada frasa pencarian yang digunakan, mungkin ada banyak dari ini untuk ditinjau! Jelajahi template dan pilih salah satu yang ingin Anda gunakan sebagai titik awal untuk logo Anda.

beberapa templat logo hadir dalam beberapa variasi berbeda (misalnya, versi terang dan gelap).

Anda dapat memutuskan untuk membuat beberapa versi logo Anda berdasarkan variasi ini dengan mengklik opsi “Terapkan Semua Halaman”, atau cukup mengerjakan desain logo (dengan mengklik versi pilihan Anda).

4. Edit logo Anda

Setelah Anda memilih template logo, desain akan muncul di sisi kanan antarmuka desain Canva.

Sekarang saatnya mengubah template ini menjadi logo kustom Anda sendiri.

Untuk melakukan ini, ada empat hal yang mungkin ingin Anda ubah:

  1. Teks logo Anda
  2. Font logo Anda
  3. Warna logo Anda
  4. Grafis logo Anda

Mari kita lihat masing-masing secara bergantian.

Ubah atau tambahkan teks logo

Mengubah teks logo Anda sangat mudah. Anda dapat mengedit salinan yang ada pada logo atau menambahkan teks yang sama sekali baru.

Untuk mengedit teks yang ada, cukup klik pada kata yang ingin Anda ubah.

Kemudian ganti salinan ini dengan teks pilihan Anda (biasanya merek atau nama perusahaan Anda sendiri).

Untuk menambahkan teks yang sama sekali baru, Anda perlu mengklik opsi “Teks” di sisi kiri layar.

Dari sana, Anda dapat memilih untuk menambahkan teks dalam font bermerek Anda sendiri (menggunakan opsi ‘tambahkan header’, ‘tambah subjudul’, atau ‘tambahkan beberapa salinan isi’) atau gunakan ‘skema font’ ‘ yang disediakan.

(Yang terakhir adalah pilihan sumber yang sering menggunakan efek khusus seperti bayangan atau guntingan).

Mengubah font logo Anda

Setelah Anda menambahkan atau mengedit teks logo Anda, jika Anda mau, Anda dapat mengubah fontnya.

Pertama, sorot teks yang relevan.

Selanjutnya, klik menu tarik-turun font di bagian atas antarmuka Canva.

Anda kemudian akan melihat daftar font (besar!) yang dapat Anda terapkan pada teks Anda. Ini akan mencakup font merek yang Anda unggah saat membuat kit merek Anda.

Cukup klik font pilihan Anda dan Canva akan memperbarui teks logo Anda dengan font tersebut.

Jika mau, Anda juga dapat menerapkan efek pada teks yang dipilih dan fontnya. Untuk melakukannya, sorot teks yang relevan dan klik tombol ‘efek’ di bilah menu di bagian atas layar.

Anda kemudian akan melihat berbagai efek yang dapat Anda tambahkan ke teks Anda. Pilih salah satu yang Anda suka dan ubah pengaturannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat Anda mengubah pengaturan, Anda akan melihat dampaknya pada logo Anda secara real time.

jika Anda ingin membuat perubahan tambahan pada tampilan teks, perhatikan bahwa ada beberapa opsi lagi untuk melakukannya di Canva: di bilah menu teks, Anda akan menemukan opsi untuk menebalkan atau memiringkan salinan, atau mengubah spasi huruf dan tinggi baris.

Setelah Anda puas dengan teks dan font untuk logo Anda, saatnya untuk menyesuaikan warnanya.

Ubah warna elemen logo

Untuk mengubah warna grafik logo, cukup klik di atasnya.

Di sudut kanan atas antarmuka, Anda akan melihat warna yang dikandung elemen ini; cukup klik pada warna yang relevan dan ubah untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Beberapa elemen logo Canva, terutama yang berbasis foto, tidak mengizinkan Anda mengubah warna dengan cara ini. Jika Anda tidak dapat mengubah warna elemen Anda, saya sarankan untuk menggantinya dengan grafik yang berbeda (lebih lanjut tentang cara melakukannya sebentar lagi).

Anda dapat memilih untuk menerapkan warna dokumen, palet warna merek, atau salah satu warna “default” Canva ke elemen Anda. (Jika Anda membutuhkan lebih banyak opsi di sini, Anda dapat memasukkan nama warna atau kode hex di bilah pencarian yang disediakan.)

Setelah Anda memilih warna, warna tersebut akan diterapkan ke bagian grafik yang relevan di Canva.

Jika Anda perlu mengubah warna teks Anda, ini sangat sederhana. Cukup klik pada teks Anda dan gunakan opsi warna di bilah pemformatan teks yang disediakan untuk memilih warna baru.

Ubah elemen grafis

Pada titik ini, Anda mungkin ingin bereksperimen dengan elemen grafis utama logo Anda.

(Dalam contoh yang kami gunakan, itulah cangkir kopi.)

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika Anda menyukai template logo tertentu, mungkin karena elemen grafis yang sudah ada di dalamnya. Jadi Anda mungkin ingin melangkah hati-hati di sini; akan lebih baik untuk tidak mengubah elemen grafis utama dari logo Anda.

Namun, jika Anda ingin mengubah elemen, langkah pertama biasanya menghapus yang sudah ada. Untuk melakukan ini, cukup klik pada elemen yang relevan dan tekan backspace.

Selanjutnya, klik bagian elemen di sisi kiri antarmuka Canva.

Anda sekarang harus mencari item baru untuk ditambahkan.

Perhatikan bahwa Anda dapat memilih dari berbagai format media: foto, grafik, video, dan audio.

Untuk logo statis, pilihan dasarnya adalah menggunakan foto atau grafik; kami biasanya merekomendasikan menggunakan grafik, karena mereka cenderung terlihat lebih baik dan lebih mudah untuk dimanipulasi daripada foto.

menggunakan-grafis-dalam-canva-logo

Setelah ada di sana, Anda dapat mengubah ukurannya, memposisikan ulang, atau mengubah warnanya hingga Anda puas dengan tampilannya dalam konteks.

5. Ekspor logo Anda

Setelah Anda puas dengan desain logo Anda, saatnya mengekspornya ke format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk melakukan ini, cukup pergi ke sudut kanan atas layar dan klik tombol “Bagikan”. Ini akan memberi Anda akses ke berbagai cara untuk membagikan atau mengekspor konten Anda, termasuk opsi unduhan; sematkan tautan sehingga Anda dapat membagikannya secara digital; dan bahkan opsi untuk mencetaknya di kaos dan produk lainnya.

Dalam hal logo, mungkin wajar untuk mengatakan bahwa sebagian besar pengguna Canva perlu mengunduh desain mereka untuk menambahkannya ke situs web atau memasukkannya ke dalam dokumen.

Untuk melakukan ini, cukup klik pada opsi unduh, setelah itu Anda akan melihat opsi format file berikut:

  • JPG
  • PNG
  • PDF standar
  • Cetak PDF
  • SVG
  • video mp4
  • gif

Format yang tepat untuk Anda akan bergantung pada bagaimana Anda ingin menggunakan logo Anda; Canva akan memberikan beberapa saran untuk Anda, tetapi sebagai aturan umum, pekerjaan PNG dan SVG cenderung bekerja paling baik untuk aplikasi digital dan PDF Print untuk dicetak.

Jika Anda memberikan logo Anda ke desainer grafis atau toko cetak, sebaiknya minta pendapat mereka tentang format mana yang paling sesuai untuk tujuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.