Cara Mengedit Gambar Untuk Produk Online Shop

Cara Mengedit Gambar Untuk Produk Online Shop

Foto produk adalah bagian integral dari kesuksesan situs web online shop mana pun. Pelanggan tidak dapat menyentuh produk Anda, oleh karena itu Anda perlu membuat produk Anda terlihat lebih menarik secara online. Fotografer dan retoucher tahu banyak teknik untuk membuat produk terlihat istimewa. Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara mengedit gambar untuk web online shop dan mendapatkan tips berharga dari para profesional untuk membantu gambar Anda terjual lebih cepat.

1. Selalu hapus latar belakang terlebih dahulu

Untuk memfokuskan perhatian pemirsa pada produk, Anda harus menghapus latar belakang. Ini adalah bagian penting dari mempelajari cara mengedit gambar produk untuk situs web eCommerce dengan benar.

Menggunakan latar belakang putih saat memotret akan membantu Anda menghapus latar belakang dengan mudah dengan bantuan perangkat lunak pengedit foto. Apa keuntungan utama menghapus latar belakang? Ini memungkinkan Anda untuk menempatkan fokus langsung pada produk. Juga, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan latar belakang lain yang lebih cocok.

Setelah menghapus latar belakang, Anda dapat dengan mudah mengubah warna, menghilangkan rambut atau benang. Proses ini secara signifikan mengurangi ukuran file Anda, memungkinkan halaman web/halaman produk Anda memuat lebih cepat.

Profesional yang berspesialisasi dalam mengedit gambar untuk produk online Shop merekomendasikan penggunaan Photoshop dan berbagai program pengeditan foto lainnya bagi pemula untuk menghapus latar belakang dengan lancar dan mudah.

Jika Anda sudah memiliki pengalaman, Anda bisa mendapatkan Photoshop secara gratis dan pilih opsi Hapus Latar Belakang dari menu Tindakan Cepat. Anda harus menyimpan gambar dalam format .PNG dengan latar belakang transparan. Jika Anda melakukan semuanya dengan benar, elemen foto akan dikelilingi oleh kotak abu-abu dan putih. Latar belakang transparan akan diisi dengan warna latar belakang situs Anda.

2. Tambahkan bayangan alami untuk tampilan yang realistis

Menambahkan beberapa ruang ke foto produk selalu merupakan ide yang bagus, terutama saat mengedit gambar produk untuk mengedit gambar untuk produk online shop. Misalnya, Anda dapat menambahkan bayangan realistis. Para ahli menggunakan tiga tipe dasar bayangan: Natural Shadow, Drop Shadow, dan Reflection Shadow.

Bayangan alami dilemparkan oleh benda yang ditempatkan dalam cahaya langsung. Efek bayangan ini memiliki keuntungan besar karena paling mudah untuk dicapai. Drop shadow menciptakan efek memotret item dari atas dengan sinar matahari langsung mengenainya.

Efek ini sering digunakan untuk sepatu dan sangat cocok untuk objek seperti furnitur karena membantu membayangkan furnitur di rumah. Bayangan pantulan memungkinkan Anda menciptakan efek dramatis produk pada permukaan reflektif. Nuansa ini terutama digunakan untuk perhiasan, kacamata hitam, jam tangan, barang-barang yang terlihat di etalase.

3. Pangkas dan luruskan

Tidak mungkin mengedit gambar untuk produk online shop dengan cara yang menarik tanpa memotong. Dengan kamera DSLR, Anda dapat mengambil gambar yang lebih besar untuk Amazon atau pasar online lainnya. Pemotongan juga digunakan untuk menjaga ukuran dan bentuk tetap konsisten di seluruh halaman produk. Halaman web dengan foto produk serupa yang ditempatkan berdampingan akan terlihat berantakan jika memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Agar pelanggan dapat melihat semua detail produk, Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut menggunakan lebih banyak ruang dalam bingkai daripada latar belakang. Elemen harus ditempatkan di tengah bingkai.

4. Lakukan sedikit koreksi warna untuk menghilangkan cahaya yang mengganggu

Untuk memberikan fotografi produk Anda tampilan yang realistis, pastikan warna dalam foto sesuai dengan warna di kehidupan nyata. Saat melakukan pembelian, pelanggan berharap untuk menerima produk seperti yang mereka lihat di foto. Jika tidak, mereka kemungkinan besar akan kecewa dan mengembalikan produk yang mereka pesan.

Ada berbagai alasan untuk situasi ini, seperti pencahayaan yang tidak konsisten, pengaturan kamera yang salah, dll. Warna neon sulit untuk “diabadikan” dalam sebuah foto, sehingga selalu membutuhkan pasca produksi. Bahkan, Anda dapat meningkatkan warna dengan menyesuaikan rona dan saturasi objek. Profesional yang berspesialisasi dalam mengedit gambar untuk produk online shop juga merekomendasikan bekerja dengan kontras. Kontras yang lebih tinggi akan menyorot area terang dan menggelapkan area gelap.

Untuk membuat gambar lebih cerah, tingkatkan eksposur. Dan sebaliknya, jika dikurangi, foto akan menjadi gelap. Gunakan cahaya dan bayangan untuk mencapai efek serupa. Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan lebih banyak detail dan membuatnya menonjol dengan menyesuaikan kejelasan dan ketajaman.

5. Mendukung pengeditan foto batch

Agar situs web e-niaga Anda berhasil dan meningkatkan penjualan, penting untuk menjaga konsistensi gambar. Ini akan menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan membantu mereka membuat keputusan lebih cepat. Editor foto profesional merekomendasikan penggunaan seperangkat alat untuk memastikan konsistensi. Gunakan program populer seperti Photoshop dan Lightroom untuk mengedit gambar produk secara batch untuk eCommerce. Dengannya, Anda dapat menyesuaikan berbagai parameter gambar, seperti white balance, warna, eksposur, kontras, kehangatan, dan banyak lagi.

Terapkan pengaturan ini ke serangkaian gambar untuk tampilan yang konsisten. Menggunakan tindakan Photoshop, Anda dapat mengotomatiskan prosesnya. Setiap langkah yang Anda ambil direkam dan kemudian diterapkan kembali ke gambar lain. Lightroom juga mendukung pemrosesan batch. Anda dapat menerapkan penyesuaian yang sama pada serangkaian foto yang dipilih dan meningkatkan kecepatan pengeditan foto.

Apakah Anda khawatir tentang unggahan gambar dan produk secara massal? Temukan solusi unggahan massal terbaik melalui integrasi dan dapatkan pengalaman impor/ekspor produk yang mulus. Bicaralah dengan para ahli sekarang!

6. Cobalah untuk mengubah warna foto

Jika satu-satunya perbedaan antara produk adalah warnanya, akan masuk akal untuk mengambil foto satu dan kemudian mewarnai ulang dengan alat pengeditan foto. Warna harus terlihat cerah tanpa “efek mencolok”. Perubahan rona pada lapisan penyesuaian akan membantu Anda mencapai warna yang Anda inginkan. Dengan menyesuaikan tuas saturasi, Anda dapat mengoreksi warna yang terlalu jenuh.

7. Bentuk kembali produk untuk mencapai simetri

Renovasi akan membantu Anda meningkatkan persepsi visual suatu produk. Terkadang saat memotret, Anda dapat mengacaukan komposisi, mengubah seluruh kesan gambar. Ketika itu terjadi, para profesional merekomendasikan menggunakan alat Liquify di Photoshop untuk mengedit foto produk. Dengan itu, Anda dapat mendorong atau menarik piksel tertentu tanpa kehilangan kualitas. Dengan cara ini, Anda akan mencapai simetri dan membuat pakaian Anda terlihat sempurna.

8. Outsource pengeditan Anda ke ahli jika Anda tidak punya waktu

Dalam beberapa kasus, mengalihdayakan sebagian dari tugas pengeditan foto produk bisa menjadi ide yang bagus. Anda dapat menghubungi layanan retouching produk profesional untuk menghemat banyak waktu dan mendapatkan hasil yang bagus. Saat Anda mengerjakan proyek online shop, Anda memiliki banyak masalah yang harus dihadapi, jadi masuk akal untuk fokus pada tugas inti.

Spesialis dapat menangani setiap detail kecil dari gambar Anda, seperti menghilangkan debu atau rambut. Selain itu, mereka menyadari persyaratan citra pasar dan karena itu akan memberikan citra produk yang berkinerja lebih baik. Jasa edit foto profesional biasanya cukup terjangkau.

Jika Anda ingin melakukan outsourcing pasca produksi, Anda dapat dengan mudah menemukan profesional yang berpengalaman dan berbakat. Lihat portofolio mereka, tinjau sampel pekerjaan, baca ulasan klien, atau bahkan hubungi mantan klien. Lebih baik menyewa orang atau perusahaan yang berspesialisasi dalam layanan pengeditan foto. Anda harus menjelaskan kepada mereka hasil apa yang Anda harapkan. Pada gilirannya, mereka akan memberi Anda foto yang telah diedit dengan tepat yang siap untuk diposting.

9. Lakukan sentuhan spot

Saat bekerja dengan kamera berkualitas tinggi, Anda mungkin melihat debu, rambut, atau noda yang tidak terduga di foto produk Anda. Membersihkan item sebelum memotret juga akan banyak membantu. Situasi yang sama dapat terjadi dengan latar belakang. Bintik-bintik kecil atau cacat, benang longgar dapat dihilangkan selama retouching foto. Misalnya, Photoshop menawarkan beberapa opsi:

  • Spot Healing Brush memungkinkan Anda menghilangkan noda pada gambar.
  • Alat cap klon lebih maju daripada sikat penyembuhan tempat, tetapi bekerja dengan cara yang sama.
  • Alat Patch memungkinkan Anda untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto. Anda perlu mengambil sampel area foto dan menghilangkan noda.

10. Singkirkan manekin jika Anda ingin terlihat profesional.

Manekin digunakan untuk membuat foto produk terlihat profesional, tetapi dapat mengganggu, jadi sebaiknya hapus. Profesional sering membuat efek “manekin hantu” untuk meningkatkan citra produk mereka. Teknik ini sering diterapkan saat mengedit gambar untuk produk online shop. Anda perlu mengambil serangkaian foto produk pada model atau manekin dan kemudian menghapus model atau manekin selama pasca produksi.

Alhasil, fokus foto akan langsung tertuju pada produk. Efek ini dicapai di Photoshop dengan cukup mudah. Anda perlu memilih item pakaian, membalikkan seleksi, dan kemudian menghapus latar belakang. Terkadang, Anda harus menggabungkan beberapa foto. Teknik ini sering digunakan bersamaan dengan teknik editing foto 360 derajat.

11. Optimalkan foto Anda

Saat Anda mengedit gambar untuk produk online shop, Anda dapat memproses gambar untuk menghilangkan cacat dan mengoptimalkannya untuk toko online Anda. Pastikan untuk tidak mengunggah file besar.

Dengan mengubah ukuran file dan menyesuaikan resolusi, Anda dapat meminimalkan waktu pemuatan situs web. Juga, Anda harus memeriksa persyaratan platform e-niaga yang akan Anda gunakan. Dimensi gambar biasanya ditunjukkan dalam piksel, misalnya, 500 × 400. Resolusi sempurna untuk toko online adalah 72 piksel per inci, dan ukurannya tidak boleh melebihi 600-800 piksel. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan resolusi dan mengubah ukuran gambar Anda secara bersamaan karena mereka berada di menu yang sama.

Berhati-hatilah untuk tidak mengubah rasio aspek gambar Anda saat mengedit gambar untuk produk online shop, karena Anda dapat secara tidak sengaja membuat gambar Anda terlihat melebar atau terjepit. Atur parameter tinggi dan lebar, sisanya akan diubah secara otomatis.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published.