Cara Edit Foto Menjadi Kartun di Photoshop

Cara Edit Foto Menjadi Kartun di Photoshop

Di artikel ini anda akan belajar cara edit foto menjadi kartun di photoshop, jadi jika Anda ingin mempelajari proses langkah demi langkah, teruslah membaca!

Sebagai titik awal yang cepat, jika Anda ingin mencapai efek Photoshop foto-ke-kartun dengan aksi satu klik, Anda dapat mencoba yang ini terlebih dahulu: Tindakan Photoshop Kartun & Seni Vektor 4-in-1. Saya juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat dengan cepat memuat dan menjalankan tindakan ini di Photoshop, dan kami juga akan menjelajahi tindakan Photoshop kartun yang lebih keren.

Apa yang Akan Anda Pelajari di Tutorial Edit Foto Menjadi Kartun di Photoshop Ini

  • Memotong subjek dari latar belakang
  • Membuat kepala subjek jauh lebih besar
  • Membuat penyesuaian ukuran untuk mata, hidung, dan dagu
  • Menggunakan berbagai efek khusus yang sudah ada di Photoshop untuk membuat tampilan kartun akhir
  • Menggunakan aksi kartun untuk mencapai efek serupa dengan satu klik

Apa yang anda butuhkan

  • Foto untuk di edit

1. Mengubah ukuran gambar untuk alur kerja yang lebih cepat

Mari kita mulai tutorial ini tentang cara edit foto menjadi kartun di Photoshop. Pergi ke Image > Image Size, pastikan string aktif, dan masukkan 2500px untuk Width. Gambar akan diubah ukurannya secara proporsional. Tekan OK.

2. Memotong Subjek dari Latar Belakang

Langkah 1

Pilih Alat Seleksi Cepat dan kemudian pilih Subjek. Pembelajaran mesin Photoshop akan mencoba membuat pilihan yang sesuai.

Langkah 2

Sempurnakan seleksi dengan Quick Selection Tool yang masih aktif. Sikat area yang tidak dipilih secara otomatis. Gunakan sikat kaku dan sesuaikan ukurannya untuk langkah ini.

Langkah 3

Ambil Alat Lasso. Anda dapat menambahkan ke pilihan dengan menahan tombol Shift dan menghapus dari pilihan dengan menahan tombol Alt Ulangi ini untuk lebih banyak tempat yang masih membutuhkan perbaikan.

Langkah 4

Masuk Select & Mask dan pastikan Display Mode diatur ke Overlay. Pilih Refined Edge Brush, atur ke ukuran sedang, dan pastikan itu sangat lembut.

langkah 5

Sikat tepi rambut di area yang lebih terang. Ini secara bertahap akan menghapus latar belakang. Kemudian masukkan -10 di kotak Shift Edge untuk menciutkan seleksi. Dari Output, pilih Layer Mask dan tekan OK.

3. Membuat latar belakang baru

Selanjutnya, dalam tutorial Photoshop “foto ke kartun” ini, kita membutuhkan latar belakang baru. Buat layer penyesuaian Warna Solid baru dan pilih warna biru (#9de9ff) yang sangat cocok dengan gambar aslinya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda menghapus subjek dari latar belakang dan kemudian menambahkan latar belakang baru yang warnanya hampir sama. Ini karena Anda akan membuat beberapa modifikasi signifikan pada subjek dalam beberapa langkah berikutnya, dan Anda tidak ingin memengaruhi latar belakang. Biru muda ini juga berfungsi sebagai warna pelengkap oranye pada blusnya, serta warna kulitnya.

4. Bagaimana membuat kepalanya jadi lebih besar!

Baiklah, inilah misi seru kita selanjutnya! Untuk edit foto menjadi kartun di Photoshopg lebih baik, kami ingin kepalanya menjadi jauh lebih besar daripada sekarang. Untuk ini, kita perlu meletakkan kepala pada lapisan terpisah.

Langkah 1

Klik sekali pada layer mask subjek sambil menahan tombol Control untuk memuat seleksi, lalu pilih Polygonal Lasso Tool. Mulai batalkan pemilihan area dengan menahan Alt, mengikuti garis dagu langkah demi langkah dalam segmen kecil.

Di akhir langkah ini, Anda seharusnya hanya memiliki pilihan kepala.

Langkah 2

Tekan Control-J untuk membuat duplikat kepala pada layer baru, yang dapat Anda ubah namanya menjadi “Kepala”.

Langkah 3

Pilih Move Tool dan buat kepalanya lebih besar dengan memperbesarnya menggunakan salah satu sudutnya. Jika Anda menahan tombol Alt, kepala akan berubah ukuran secara proporsional. Ini adalah efek yang kita cari!

Langkah 4

Jika Anda memperbesar dan melihat bagian-bagian gambar di bawah kepala, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih layer mask dari layer subjek dan menyembunyikan bagian-bagian itu dengan sangat mudah dengan kuas hitam, seperti dalam tutorial video.

Anda sekarang harus memiliki latar belakang khusus, tubuh subjek Anda, dan kepala besar, semua pada lapisan yang berbeda.

5. Mengubah Ukuran Mata, Hidung, dan Dagu Subjek

Langkah 1

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat karikatur foto di Photoshop, Anda harus memodifikasi fitur wajah subjek Anda. Pilih ketiga layer sambil menahan Shift lalu Klik Kanan > Convert to Smart Object. Ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan Filter Cerdas yang berbeda pada lapisan yang sama dan menyesuaikannya kembali secara non-destruktif.

Langkah 2

Pergi ke Filter > Liquify dan masukkan nilai berikut:

  • Ukuran Mata, Tinggi Mata, Lebar Mata: 100 (kiri dan kanan)
  • Jarak mata: -20
  • Tinggi hidung: 100
  • Depan: -10
  • Tinggi dagu: 25

Jika Anda memasukkan semua nilai dengan benar, Anda akan mendapatkan hasil yang ditunjukkan pada gambar sebelum dan sesudah ini.

6. Cara Membuat Efek Kartun dengan Menambahkan Filter Cerdas Photoshop

Langkah 1

Sekarang, kita akan menggunakan filter untuk membuat tampilan kartun yang keren di Photoshop. Buat duplikat dari layer Smart Object yang ada dan sembunyikan untuk saat ini. Kami akan bekerja dengannya nanti.

Langkah 2

Pergi ke Filter > Sharpen > Smart Sharpen dan gunakan nilai berikut:

  • Jumlah: 300
  • Jari-jari: 3
  • Mengurangi kebisingan: 0
  • Pilih Gaussian Blur dari daftar dropdown Hapus
  • Tekan OK.

Langkah 3

Pergi ke Filter > Stylize > Oil Paint dan masukkan angka-angka ini:

Gaya: 4
Pembersihan: 4
Skala: 0.1
Detail bulu: 0
Pencahayaan: dinonaktifkan

Langkah 4

Pilih Filter > Filter Gallery, dan dari daftar efek, klik Poster Borders dan masukkan nilai berikut:

Ketebalan batas: 0
Intensitas: 0
Posterisasi: 2
Klik Oke

langkah 5

Ini benar-benar mulai terlihat seperti kartun, tetapi masih banyak yang harus dilakukan, jadi selanjutnya, mari tambahkan blur permukaan dari menu Filter > Blur. Atur Radius menjadi 12 piksel dan Threshold menjadi 15 piksel. Efek ini membuat bagian kulit terlihat lebih halus dan bersih. Tekan OK.

langkah 6

Mari tambahkan beberapa penajaman dan tingkatkan beberapa sorotan dengan masuk ke Filter > Sharpen > Unsharp Mask. Atur Amount menjadi 130, Radius menjadi 7, dan Threshold menjadi 20.

Langkah 7

Tampilkan layer Smart Object kedua dan pilih blending mode Overlay untuk layer ini. Kemudian turunkan Opacity layer menjadi 55%.

langkah 8

Pergi ke Filter > Filter Gallery dan pilih Poster Borders lagi, kali ini dengan memasukkan:

Ketebalan pelek: 4
Intensitas Tepi: 3
Posterisasi: 4
tekan OK
Ini akan menekankan beberapa detail dalam potret.

langkah 9

Di bawah Filter > Stylize, pilih Filter Cat Minyak. Masukkan nilai-nilai ini:

Gaya: 10
Pembersihan: 4
Skala: 0.1
Detail bulu: 0
Pencahayaan: dinonaktifkan
tekan OK

langkah 10

Tekan Control-J untuk membuat duplikat layer Smart Object kedua, ubah blend mode menjadi Pin Light dan atur Opacity menjadi 40% untuk hasil yang lebih halus.

langkah 11

Klik dua kali filter pintar dari galeri filter yang telah ditambahkan pada lapisan ini dan ubah nilainya menjadi:

Ketebalan batas: 5
Intensitas: 7
Posterisasi: 6
Klik Oke
Ulangi prosedur yang sama untuk filter Cat Minyak dan ubah nilainya menjadi:

Gaya: 5
Pembersihan: 3
Skala: 0.1
Detail bulu: 0
Pencahayaan: dinonaktifkan
tekan OK
Dengan menggunakan efek ini, kami dapat memberikan subjek kami tepi yang lebih tajam. Kami menggabungkan berbagai filter, tetapi yang paling penting adalah Anda harus bermain dengan gambar Anda sendiri dan mengubah parameter sesuai keinginan Anda.

langkah 12

Ayo tingkatkan efek kartun ini lebih jauh lagi menggunakan teknik sederhana! Pastikan untuk memilih lapisan atas dan tekan Control-Shift-Alt-E untuk membuat lapisan stempel yang terlihat. Pintasan ini sangat berguna ketika Anda ingin menggabungkan semua lapisan dokumen menjadi lapisan baru. Klik kanan pada layer baru dan jadikan itu Smart Object.

Dari menu Filter, pilih opsi Camera Raw Filter.

Anda perlu menyesuaikan beberapa nilai di panel berikut: Basic, Detail dan Effects. Ikuti saja gambar di bawah ini untuk mendapatkan angka yang benar.

Anda harus memiliki gambar yang terlihat sangat mirip dengan yang di bawah ini setelah menambahkan beberapa Tekstur ekstra, Ketajaman, sedikit Butir untuk sentuhan artistik, dan Vignette.

7. Bagaimana Edit Foto Menjadi Kartun di Photoshop Dalam Satu Klik

Saya menyebutkan paket Photoshop aksi kartun 4-in-1 di awal artikel ini. Mari kita memuat tindakan ke dalam Photoshop.

  • Simpan tindakan ke folder mana pun yang Anda suka.
  • Buka panel Actions di Photoshop dengan masuk ke Window > Actions.
  • Muat file tindakan dari folder tempat Anda menyimpannya.
  • Pilih tindakan yang ingin Anda terapkan.
  • Tekan tombol putar dan biarkan berjalan.

Langkah-langkah yang saya sebutkan ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Berikut adalah contoh yang dicapai dengan menggunakan salah satu dari empat tindakan dalam Paket Photoshop Tindakan Kartun ini.

Selamat atas kesabaran Anda! Anda sudah selesai!

Ini adalah Cara Edit Foto Menjadi Kartun di Photoshop. Sisa fase didasarkan pada memasukkan nilai dan menduplikasi lapisan, sambil belajar membuat keputusan yang efektif dengan beberapa tip dan trik. Tentu saja, Anda harus bersenang-senang dengan efek ini di atas segalanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.