Cara Membuat Teks 3D Sederhana Di Photoshop

Membuat Teks 3D Sederhana Di Photoshop

Dalam tutorial efek teks Photoshop ini, kita akan belajar cara membuat teks 3D sederhana yang mungkin anda bisa gunakan

Langkah 1: Buat dokumen baru

Untuk memulai, mari buat dokumen Photoshop baru. Buka menu File di bagian atas layar dan pilih New, atau untuk cara yang lebih cepat, tekan pintasan keyboard Ctrl+N (Win) / Command+N (Mac). Apapun cara yang Anda pilih, Photoshop membuka kotak dialog Dokumen Baru. Masukkan ukuran yang Anda butuhkan untuk dokumen Anda. Untuk tutorial ini, saya akan memasukkan lebar 6 inci, tinggi 4 inci, dan resolusi 300 piksel/inci, yang merupakan resolusi standar untuk pencetakan berkualitas profesional. Saya juga akan mengatur konten latar belakang saya menjadi putih, yang akan mengatur warna latar belakang dokumen baru saya menjadi putih. Setelah selesai, klik OK di sudut kanan atas dialog untuk keluar. Dokumen Photoshop baru Anda akan muncul di layar.

Buat dokumen Photoshop baru menggunakan dialog Dokumen Baru.

Langkah 2 – Pilih Type Tool dari Photoshop Tool Palette

Untuk menambahkan teks ke dokumen, kita perlu menggunakan alat Type Photoshop. Pilih dari palet Tools, atau tekan huruf T pada keyboard Anda untuk memilihnya dengan shortcut:

Pilih alat Jenis.

Langkah 3 – Pilih font dari bilah opsi

Selanjutnya, kita perlu memilih font. Dengan Type Tool yang dipilih, Anda akan melihat bahwa Options Bar di bagian atas layar telah berubah untuk menampilkan opsi untuk Type Tool. Pilih font yang ingin Anda gunakan dari daftar font yang saat ini tersedia di komputer Anda. Efek 3D ini bekerja paling baik dengan font yang memiliki huruf besar dan tebal. Saya akan memilih Dampak. Anda juga dapat memilih ukuran untuk teks Anda jika Anda mau, tetapi itu tidak benar-benar diperlukan pada saat ini karena kita dapat dengan mudah mengubah ukuran teks nanti, seperti yang akan kita lihat. Untuk saat ini, yang kita butuhkan hanyalah sumbernya:

Pilih font dari bilah opsi.

Langkah 4 – Pilih warna untuk teks Anda

Selanjutnya, kita perlu memilih warna untuk teks kita. Jika Anda melihat lebih jauh ke kanan di bilah opsi, Anda akan melihat contoh warna. Contoh warna menunjukkan warna teks saat ini. Untuk mengubah warna, cukup klik pada contoh warna:

Ubah warna teks dengan mengklik contoh warna di bilah opsi.

Ini akan membuka Photoshop Color Picker. Pilih warna yang ingin Anda gunakan untuk teks Anda. Saya akan memilih warna merah cerah. Setelah selesai, klik OK di sudut kanan atas Color Picker untuk keluar:

Pilih warna baru untuk teks dari Color Picker, lalu klik OK untuk keluar.

Contoh warna di bilah opsi akan berubah untuk menunjukkan warna yang telah Anda pilih.

Langkah 5 – Tambahkan teks Anda ke dokumen

Dengan font dan warna teks kami dipilih, klik di dalam dokumen dan tambahkan teks Anda. Saya akan menulis “PHOTOSHOP” dengan huruf besar semua untuk meningkatkan efeknya. Jangan khawatir jika teks terlihat terlalu besar atau terlalu kecil untuk saat ini. Kami dapat memperbaikinya sebentar lagi:

Klik di dalam dokumen dan tambahkan teks Anda.

Setelah selesai mengetik, klik tanda centang di bilah opsi untuk menerima teks dan keluar dari mode pengeditan teks:

Keluar dari mode pengeditan teks dengan mengklik tanda centang di bilah opsi.

Jika kita melihat palet Layers kita, kita dapat melihat bahwa Photoshop dengan mudah menempatkan teks kita pada layernya sendiri di atas layer Background. Inilah yang memungkinkan kita bekerja dengan teks terlepas dari latar belakang putih di belakangnya:

Teks muncul pada lapisannya sendiri di palet Layers.

Langkah 6 – Ubah Ukuran Jenis jika Diperlukan

Jika Anda menemukan bahwa teks Anda terlalu kecil (atau terlalu besar), kita dapat dengan mudah memperbaikinya menggunakan perintah Free Transform Photoshop. Pertama, pastikan layer teks Anda dipilih di palet Layers (layer yang dipilih disorot dengan warna biru). Lalu pergi ke menu Edit di bagian atas layar dan pilih Free Transform. Anda juga dapat memilih perintah Free Transform dengan pintasan keyboard Ctrl+T (Win) / Command+T (Mac):

Pilih “Free Transform” dari menu Edit.

Anda akan melihat kotak Free Transform dan pegangan muncul di sekitar teks dalam dokumen. Untuk mengubah ukuran teks, tahan tombol Shift, lalu klik salah satu gagang sudut (kotak kecil) dan seret sudut ke dalam untuk membuat teks lebih kecil atau keluar untuk membuatnya lebih besar . Menahan tombol Shift sambil menyeret akan membatasi rasio aspek sehingga Anda tidak secara tidak sengaja mengubah bentuk teks saat Anda mengubah ukurannya. Saya akan membuat teks saya sedikit lebih besar dengan menyeret pegangan di sudut kanan bawah keluar. Anda juga dapat memindahkan teks jika perlu dengan mengklik di mana saja di dalam kotak Free Transform dan menyeret teks ke lokasi baru di dalam dokumen:

Ubah ukuran dan pindahkan teks sesuai kebutuhan dengan Free Transform.

Setelah selesai, tekan Enter (Win) / Return (Mac) untuk menerima perubahan dan keluar dari perintah Free Transform.

Langkah 7: Ubah teks menjadi bentuk

Untuk membuat efek 3D kita, kita perlu mengubah perspektif teks kita. Namun, hanya ada satu masalah. Photoshop tidak mengizinkan kita untuk mengubah perspektif teks (lihat bagaimana itu bisa menjadi masalah?). Untuk menunjukkan kepada Anda apa yang saya maksud, pastikan Anda telah memilih lapisan teks, lalu buka menu Edit di bagian atas layar dan pilih Transform dari daftar. Menu sekunder akan muncul yang menunjukkan berbagai cara kita dapat mengubah konten lapisan yang saat ini telah kita pilih. Perhatikan bagaimana opsi Distort dan Perspective berwarna abu-abu? Itu berarti mereka saat ini tidak tersedia untuk kita, dan itu karena Photoshop tidak dapat melakukan salah satu dari dua jenis transformasi ini pada teks.

Solusinya adalah mengubah layer teks kita menjadi apa yang disebut layer bentuk. Dengan mengubah teks menjadi bentuk, kita dapat mengubah perspektifnya dan menciptakan efek kita. Satu-satunya downside untuk mengonversi teks menjadi bentuk adalah bahwa jenisnya tidak lagi dapat diedit. Namun, dalam hal ini, karena kita tidak perlu mengedit teks kita, kita tidak perlu mengkhawatirkannya.

Dengan layer teks masih dipilih, pergi ke menu Layer di bagian atas layar, pilih Type, lalu pilih Convert to Shape:

Pergi ke Layer > Type > Convert to Shape.

Jika kita melihat di palet Layers, kita dapat melihat bahwa tipe layer sekarang terlihat sangat berbeda, dan itu karena itu bukan lagi tipe layer. Photoshop telah membuatnya menjadi layer bentuk, yang berarti kita sekarang dapat menerapkan transformasi Perspektif padanya dan membuat efek teks 3D kita:

Lapisan teks telah diubah menjadi lapisan bentuk.

Langkah 8 – Ubah perspektif

Kembali ke menu Edit. Anda akan melihat bahwa opsi Transform yang kita lihat beberapa saat yang lalu telah digantikan oleh opsi baru yang disebut Transform Path. Sekali lagi, itu karena kita sekarang berurusan dengan bentuk. Pilih Transform Path dari daftar. Ketika menu sekunder muncul, Anda akan melihat bahwa opsi Distort dan Perspective sekarang tersedia. Pilih Perspektif dari daftar:

Pergi ke Edit > Transform Path > Perspective.

Kotak dan pegangan yang sama yang kita lihat sebelumnya ketika kita memilih perintah Free Transform akan muncul di sekitar teks (bentuk). Perbedaannya adalah kita sekarang bekerja dalam mode Perspektif. Untuk mengubah perspektif teks dan memberikan tampilan tiga dimensi, cukup klik pegangan di sudut kanan bawah dan seret ke bawah. Saat Anda menyeret, tinggi sisi kanan teks akan bertambah dari tengahnya, sedangkan sisi kiri tidak akan berubah:

Klik pada pegangan di sudut kanan bawah dan seret ke bawah.

Saat Anda senang dengan perubahan perspektif, tekan Enter (Menang) / Kembali (Mac) untuk menerima transformasi. Teks Anda sekarang akan terlihat seperti ini:

Teks sekarang muncul dengan perspektif 3D.

Langkah 9 – Buat Beberapa Salinan dari Layer Bentuk, Masing-masing Bergerak Sedikit Lebih Jauh ke Kanan

Langkah selanjutnya adalah bagian yang menyenangkan. Kita akan dengan cepat membuat banyak salinan dari layer bentuk kita, masing-masing bergerak satu piksel lebih jauh ke kanan dari yang sebelumnya. Ini akan memberikan surat kita beberapa kedalaman. Pertama, pilih alat Pindahkan dari palet alat, atau cukup tekan huruf V pada keyboard Anda untuk memilihnya dengan pintasan. Trik ini hanya berfungsi dengan alat Pindahkan yang dipilih:

Pilih alat Pindah.

Dengan Move tool dipilih dan layer bentuk dipilih di palet Layers, tahan Alt (Win) / Option (Mac) dan tekan tombol Panah Kanan pada keyboard Anda. Kemudian tekan lagi. Kemudian lagi Dan lagi. Apakah Anda memperhatikan apa yang terjadi? Setiap kali Anda menekan tombol panah kanan dengan tombol Alt/Option ditekan, Anda membuat salinan baru dari layer bentuk dan Anda memindahkan salinan baru satu piksel ke kanan. Menahan tombol Alt/Option memberitahu Photoshop untuk membuat salinan baru dari bentuk setiap kali alih-alih hanya memindahkan bentuk yang ada. Semakin sering Anda menekan tombol panah kanan, semakin banyak salinan layer yang akan Anda buat dan semakin dalam kita akan memberikan huruf kita.

Terus tekan tombol panah kanan sampai Anda puas dengan hasilnya. Dalam kasus saya, saya menekan tombol panah sebanyak 68 kali, membuat 68 salinan bentuk saya, masing-masing bergerak satu piksel lebih jauh ke kanan. Berapa kali Anda menekan tombol panah akan bergantung pada resolusi dokumen yang sedang Anda kerjakan. Setelah selesai, teks Anda akan terlihat seperti ini:

Tahan Alt (Windows) / Option (Mac), lalu tekan tombol panah kanan beberapa kali untuk memberikan kedalaman huruf.

Langkah 10: Pindahkan Layer Bentuk Asli ke Atas Stack Layer di Palette Layers

Setiap kali kita membuat salinan baru dari bentuk kita, kita membuat layer bentuk baru di palet Layers, dan Photoshop menempatkan setiap layer baru langsung di atas layer sebelumnya. Dalam kasus saya, palet Layers saya sekarang berisi 68 salinan layer bentuk asli saya. Lapisan bentuk asli berada di atas lapisan latar belakang, dengan semua salinan ditumpuk di atasnya. Anda bisa tahu itu asli karena itu satu-satunya lapisan bentuk yang tidak memiliki kata “salin” di namanya.

Kita perlu memindahkan lapisan asli itu ke bagian atas tumpukan, dan ada cara mudah untuk melakukannya. Pertama, klik pada layer asli di palet Layers untuk memilihnya. Kemudian tekan Ctrl+Shift+] (Menang) / Command+Shift+] (Mac). Itu kunci braket kanan (“]”) jika Anda bertanya-tanya. Pintasan yang nyaman ini akan langsung memindahkan lapisan yang dipilih saat ini ke kanan atas tumpukan lapisan:

Lapisan bentuk asli sekarang muncul di atas lapisan lain di palet Layers.

Langkah 11 – Gabungkan Semua Salinan Bersama

Dengan lapisan asli kita sekarang di bagian atas tumpukan lapisan, kita perlu menggabungkan semua salinan lapisan bentuk itu ke dalam satu lapisan. Klik pada layer langsung di bawah layer asli di palet Layers (dengan kata lain, layer kedua dari atas). Kemudian gunakan scroll bar di sebelah kanan palet Layers untuk menggulir ke bawah ke layer langsung di atas layer Background. Namun, jangan hanya mengkliknya untuk memilihnya karena itu akan membatalkan pilihan layer yang baru saja Anda pilih di atas. Sebagai gantinya, tahan tombol Shift pada keyboard Anda dan kemudian klik pada layer untuk memilihnya. Ini akan memilih kedua lapisan secara bersamaan, bersama dengan semua lapisan di antaranya. Semua layer ini akan disorot dengan warna biru di palet Layers.

Dengan semua layer yang disalin sekarang dipilih, pergi ke menu Layer di bagian atas layar dan pilih Merge Layers di dekat bagian bawah daftar. Atau untuk cara yang lebih cepat, tekan pintasan keyboard Ctrl+E (Win) / Command+E (Mac):

Pergi ke Layer > Merge Layers.

Photoshop akan menggabungkan semua lapisan yang dipilih menjadi satu lapisan. Jika kita melihat di palet Layers kita, kita dapat melihat bahwa kita sekarang hanya memiliki tiga lapisan. Lapisan latar belakang ada di bawah, lapisan bentuk asli ada di atas, dan di antara mereka ada lapisan yang baru digabungkan:

Semua salinan lapisan bentuk telah digabungkan menjadi satu lapisan.

Langkah 12 – Tambahkan Gradien Hitam ke Putih ke Layer Gabungan

Untuk memberikan huruf kita tampilan 3D yang sesungguhnya, mari kita selesaikan dengan menambahkan efek pencahayaan sederhana. Atau setidaknya sesuatu yang terlihat seperti efek pencahayaan. Klik layer gabungan di palet Layers untuk memilihnya jika belum dipilih. Kemudian klik ikon Layer Styles di bagian bawah palet Layers. Daftar semua gaya lapisan yang tersedia akan muncul. Klik Gradient Overlay untuk memilihnya:

Pilih layer style Gradient Overlay di bagian bawah palet Layers.

Ini akan membuka kotak dialog Photoshop Layer Style yang disetel dengan opsi Gradient Overlay di kolom tengah. Kami ingin menggunakan gradien hitam ke putih untuk efek pencahayaan palsu kami. Jika Anda sudah memilih gradien hitam ke putih, Anda dapat melewati langkah berikutnya. Jika Anda memiliki gradien lain yang dipilih, klik di area pratinjau gradien di tengah opsi:

Klik di area pratinjau gradien dalam dialog Layer Style untuk memilih gradien baru.

Ini membuka Gradient Picker, menunjukkan kepada kita semua gradien yang tersedia yang dapat kita pilih. Yang kita inginkan adalah gradien Hitam, Putih, ketiga dari kiri, baris atas. Jika Anda mengaktifkan tooltips di Photoshop Preferences, Anda akan melihat nama gradien muncul saat Anda mengarahkan kursor ke thumbnail. Klik untuk memilihnya, lalu klik OK di sudut kanan atas untuk menerimanya:

Pilih gradien Hitam, Putih.

Kembali ke opsi Gradient Overlay utama, Anda akan melihat area pratinjau gradien sekarang menunjukkan gradien dari hitam ke putih (jika belum). Di bawah ini adalah beberapa opsi penting. Pastikan opsi Style diatur ke Linear dan Gradient Angle diatur ke 90°:

Pastikan opsi Gaya diatur ke Linear dan Sudut diatur ke 90°.

Klik OK setelah selesai untuk keluar dari dialog Layer Style, dan selesai! Photoshop menerapkan gradien hitam ke putih ke lapisan gabungan, menciptakan efek bayangan pada huruf dan menyelesaikan efek teks 3D sederhana kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published.