Cara Membuat Logo Watermark Online Gratis

Membuat Logo Watermark Online Gratis

Penjualan digital cetakan seni dan foto semakin populer, memungkinkan Anda untuk berbagi pekerjaan Anda dengan klien di mana saja di dunia. Tetapi segala sesuatu yang menjadi digital ada harganya.

watermark adalah teknik kreatif untuk melindungi dan mempromosikan karya Anda. Dengan Desygner, Anda dapat membuat tanda air yang terlihat profesional dan terbaca hanya dalam beberapa langkah cepat!

Sebelum kita membahas cara membuat watermark, mari kita pelajari sedikit tentang watermark dan mengapa Anda membutuhkannya.

Mengapa Anda perlu membuat Logo Watermark?

Sebagai orang yang kreatif, berbagi pekerjaan Anda secara online membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens, tetapi itu juga berarti siapa pun dapat menyimpan pekerjaan Anda dengan klik kanan sederhana dan menggunakannya tanpa izin.

Secara tradisional, tanda air digunakan pada dokumen hukum untuk memvalidasi dan melindungi informasi sensitif. Bahkan uang kertas memiliki tanda air untuk mencegah pemalsuan. Tanda air diperkenalkan ke industri kreatif untuk tujuan hak cipta, tetapi mereka dapat melakukan lebih banyak lagi jika Anda menggunakannya dengan bijak. Anda akan menemukannya dalam seni digital, ilustrasi, fotografi, dan mungkin apa pun yang Anda lihat online.

Watermark melayani dua tujuan utama: untuk menandai properti dan untuk melindungi aset. Fotografer individu dan merek menggunakannya untuk berbagai alasan.

Untuk mencegah pencuri foto menggunakan foto Anda tanpa izin Anda

Sebagai fotografer atau desainer grafis, Anda perlu memahami bahwa siapa pun yang mencoba mencuri karya Anda akan melakukannya dengan satu atau lain cara. Tidak jarang menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat, mengatur, dan mengedit pekerjaan Anda dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah agar orang lain mengambil semua kreditnya.

Tanda air adalah cara yang bagus untuk melindungi pekerjaan Anda dari plagiarisme. Meskipun pencuri masih dapat mengunduh file, tanda air akan menyulitkan mereka untuk menggunakannya.

Untuk mencegah penggunaan aset digital Anda secara tidak sah oleh pelanggan Anda atau artis lain

Bayangkan Anda membagikan salah satu foto favorit Anda di halaman media sosial Anda dan setelah beberapa hari, Anda melihat gambar yang sama di halaman lain tanpa memberi kredit atau, dalam kasus terburuk, Anda melihat seseorang menghasilkan uang dari pekerjaan Anda. Bahkan klien Anda dapat mencetak karya Anda tanpa membayarnya.

Artis, fotografer, atau perusahaan lain dapat mencuri karya Anda dan menggunakannya untuk tujuan komersial. Menggunakan tanda air adalah cara sederhana untuk menyampaikan kepada pemirsa bahwa karya ini tidak dapat digunakan tanpa persetujuan pemiliknya.

Promosikan pekerjaan Anda untuk menarik klien baru dan penghasilan pasif

Di era digital ini, semuanya di-repost atau di-pin beberapa kali tanpa mengetahui pemilik asli dari foto atau karya seni tersebut. Tanda air yang tepat dapat memainkan peran penting dalam pemasaran dan branding bisnis Anda jika Anda melakukannya.

Tanda air akan memberi Anda publisitas gratis apakah orang yang membagikan foto di platform mana pun menyebutkan nama Anda atau tidak. Jika Anda berencana menggunakan tanda air Anda untuk tujuan pemasaran, tanda air itu harus dirancang dan digunakan dengan cara yang tidak menghilangkan nuansa artistik karya tersebut.

Logo atau tanda air profesional dapat digunakan sebagai elemen desain jika memiliki gaya merek. Anda dapat menggunakannya untuk membuatnya terlihat seperti seharusnya ada, bukan sesuatu yang dipaksakan.

Mendesain Watermark dengan Desygner

Di masa lalu, tanda air dibuat dengan membentuk kawat tipis menjadi huruf atau pola desain. Kawat ini kemudian ditempelkan pada cetakan yang digunakan untuk membuat kertas. Semua ini dilakukan saat kertas masih basah, dan dari situlah nama watermark berasal. Untungnya, hari ini kami memiliki tanda air versi digital yang dapat digunakan dan dibuat dengan mengklik tombol.

Beberapa pengguna lebih suka tanda air yang menonjol, sementara yang lain mencari sesuatu yang mudah menyatu. Jika Anda bingung tentang pola mana yang paling cocok untuk Anda, fokuslah pada konten apa yang diberi watermark dan mengapa.

Banyak fotografer percaya bahwa tanda air memberi gambar tampilan profesional, tetapi penempatan yang buruk dan desain yang buruk adalah resep untuk menghancurkan pekerjaan mereka. Jika Anda yakin membutuhkan tanda air, izinkan kami menunjukkan cara membuat tanda air secara online. Bagian yang menyenangkan adalah Anda tidak memerlukan keahlian desain sebelumnya!

1. Pilih elemen untuk desain tanda air Anda

Anda dapat membuat tanda air dari awal atau menggunakan spanduk yang sudah tersedia di bagian Teks. Untuk membuat tanda air yang menarik, gunakan kombinasi bentuk dan teks.

  • Mulailah dengan memilih bentuk dari bilah atas. Anda dapat bermain dengan lingkaran, hati, atau garis lurus.
  • Pilih bentuk dengan mengkliknya sekali dan menyesuaikan opacity, warna, atau ukuran bentuk. Anda juga dapat memutar bentuk menggunakan opsi transformasi di sudut kanan atas layar

 

Baik Anda seorang fotografer bisnis profesional atau individu, logo Anda menceritakan kisah merek Anda. Menambahkan desain tanda air Anda membuatnya unik dengan caranya sendiri.

2. Tambahkan teks untuk menyampaikan pesan Anda

Buat teks Anda tetap sederhana namun elegan dengan memilih font yang tepat untuk desain Anda. Pikirkan tentang teks yang ingin Anda sertakan dalam tanda air. Itu bisa berupa nama merek atau informasi kontak Anda.

Anda dapat menggunakan ratusan font gratis yang tersedia atau mengimpor font favorit Anda untuk menyesuaikan desain.

  • Kotak teks dapat ditambahkan dengan mengklik opsi teks di bilah atas atau bilah samping. Klik dua kali pada teks yang akan diketik.
  • Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi pada desain Anda dengan mengubah jenis font, ukuran, warna, dan semua opsi ini dapat diakses dengan mudah di bagian atas layar.
  • Anda dapat menambahkan teks dan lapisan elemen ke desain Anda, tetapi mereka dapat diedit secara individual untuk opacity dan pengaturan lainnya. Pada akhirnya, Anda dapat mengelompokkan semuanya menggunakan opsi grup untuk mengubah desain Anda menjadi satu bagian.

3. Saatnya menyimpan desain Anda

Setelah Anda selesai mengedit, desain siap untuk diunduh.

  • Klik opsi unduh di sudut kanan atas layar dan pilih jenis file pilihan Anda (JPG, PNG, dll.).
  • Untuk tampilan profesional dan bersih, Anda harus mengunduh tanda air dengan latar belakang transparan. Pilih opsi latar belakang transparan di sebelah jenis file.

4. Tambahkan tanda air ke foto Anda

Menempatkan watermark akan menyulitkan orang lain untuk menggunakan foto atau desain tersebut.

  • Tambahkan desain ke pustaka aset Anda dengan mengunggahnya ke aset Anda. Bahkan foto dapat disimpan ke aset Anda, atau Anda dapat mengunggahnya satu per satu, sesuai keinginan.
  • Tambahkan tanda air ke foto dari Aset Saya dan sesuaikan posisi tanda air dengan mengklik dan menyeretnya ke area pilihan Anda.
  • Anda juga dapat mengubah ukurannya dengan mengecilkan atau meregangkan sudut.

 

Jenis watermark

Watermark digunakan oleh merek, fotografer, videografer, atau pembuat konten lainnya, dan berdasarkan tujuan penggunaannya, tanda air terbagi dalam tiga kategori.

Tanda watermark

Desain ini menggabungkan logo berdasarkan tema merek. Jika Anda memilih tipe ini, pastikan desainnya adalah versi logo yang lebih sederhana karena logo yang rumit dapat mengganggu.

Uji watermark

Watermark yang tidak menarik ini ditempatkan pada cetakan dan desain pelanggan untuk mencegahnya digunakan kembali atau dicetak. Jenis tanda air ini menunjukkan bahwa ini bukan versi final dari desain.

Info watermark

Watermark ini digunakan untuk membagikan informasi kontak fotografer atau pembuat konten. Ini bisa berupa alamat web, email, atau nomor telepon. Ini akan memudahkan pelanggan menemukan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.