Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator

Membuat Logo di Adobe Illustrator

Apakah Anda ingin mendesain logo? Logo adalah desain visual yang digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan, organisasi, atau merek. Mereka digunakan dalam tanda, brosur, iklan, situs web, kartu nama, dan apa saja yang berhubungan dengan branding.

Artikel ini akan mengajarkan kepada Anda cara mendesain logo di Adobe Illustrator, Manfaat menggunakan Adobe Illustrator untuk mendesain logo di Adobe Illustrator. Gambar yang dirancang dalam Adobe Illustrator dapat diregangkan ke ukuran apa pun tanpa pikselisasi atau distorsi. Illustrator juga memiliki akses ke perpustakaan Pantone yang digunakan dalam pencetakan profesional.

1. Siapkan dokumen Anda

Saat Anda duduk untuk membuat logo di Illustrator, mudah untuk merasa kewalahan dengan semua alat yang Anda inginkan. Jadi sebelum kita melakukan sesuatu yang menyerupai pekerjaan tata letak, mari kita lihat dasar-dasar menyiapkan dokumen.

Untuk memulai, klik tombol “Buat Baru” di sisi kiri layar Anda. Kemudian pilih preset lirik. Sebagian besar preset akan berfungsi dengan baik untuk logo dasar, tetapi lakukan pemeriksaan cepat apakah preset Anda adalah sebagai berikut:

  • Orientasi: mode potret
  • Mode warna: warna CMYK
  • Efek Layar: Tinggi

Sekarang setelah kita memperbaikinya, mari kita lanjutkan dan klik tombol biru “Buat” dan mulai.

2. Siapkan ruang kerja Anda

Ada tema berulang yang akan Anda temukan di Illustrator: Terkadang langkah pertama dalam mencari tahu cara membuat logo adalah memilih pengaturan yang tepat.

Tetapi ketika berpikir tentang cara membuat logo di Illustrator, kami akan membuat semuanya tetap sederhana dan menggunakan ruang kerja Paint. Untuk melakukan ini, klik ikon Workspaces di sudut kanan atas layar Anda dan pilih Paint.

Ada beberapa hal yang perlu diingat setelah Anda berpindah ruang kerja. Di sisi kanan layar, Anda akan memiliki akses mudah ke contoh warna, kuas, goresan, dan simbol bawaan Adobe Illustrator, di antara banyak alat lainnya. Kami akan menggunakannya nanti dalam tutorial ini, tetapi tuliskan di sini.

Lebih penting lagi untuk saat ini, mari kita lihat toolbar utama di sisi kiri layar. Di sinilah Anda akan menemukan alat paling penting untuk mendesain logo Anda.

Oh ya, logomu. Mari kita membuat gambar nyata.

3. Mulailah dengan bentuk

Saat mencari tip tentang cara membuat logo di Illustrator, Anda akan menemukan beberapa jawaban yang cukup canggih (dan luar biasa). Tapi untuk latihan ini, kita akan menjaga semuanya tetap sederhana. Dan kami pikir Anda akan menemukan bahwa bahkan beberapa bentuk sederhana dapat membantu Anda membuat logo yang menonjol.

Lihatlah tangkapan layar di bawah ini. Anda akan melihat bahwa kita memulai dengan bentuk sederhana, yang dapat Anda temukan dengan mengklik ikon keempat dari atas yang berbentuk seperti persegi panjang. Klik lama ikon untuk melihat semua opsinya, termasuk Rectangle Tool, Ellipse Tool, Polygon Tool, Star Tool, dan Line Segment Tool.

Mari kita gunakan Rectangle Tool sekarang. Persegi panjang tidak terlalu menarik, tetapi Illustrator membuatnya cukup mudah untuk memanipulasinya dengan berbagai cara. Lihat GIF di bawah ini untuk melihat cara membuat logo dengan alat ini.

Untuk melakukan ini, pilih Direct Selection Tool dan seret ke sudut yang ingin Anda edit. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan melihat widget radius sudut di setiap sudut. Seret mereka ke tengah persegi panjang untuk mengubah sudut dan ukuran seluruh bentuk.

Tentu saja ini baru permulaan dari apa yang (semoga) menjadi logo yang lebih bermanfaat. Sekarang kita memiliki bentuk untuk dikerjakan, kita akan mulai menambahkan garis, teks, dan elemen lain untuk membuat logo kita menonjol.

4. Tambahkan Garis, Warna, dan Objek Tambahan

Putih adalah warna yang bagus, dan ketika Anda berpikir tentang cara membuat logo, itu mungkin warna yang tepat. Tapi mari kita bermain-main dengan beberapa warna lain menggunakan Swatch.

Untuk menambahkan lebih banyak warna pada bentuk kita di bawah ini, klik Selection Tool di bagian atas Menu Utama Anda. Kemudian klik di tengah bentuk Anda. Untuk menambahkan warna, pilih salah satu dari menu Swatch. Apakah Anda merasa kehilangan? Jangan khawatir: kami membuatkan Anda GIF.

Sekarang mari tambahkan beberapa baris, yang mana kita perlu membuat layer baru. Untuk membuat layer baru, buka menu Layers dan klik ikon +. Ini akan menempatkan layer baru Anda di bagian atas menu, yang kita cari.

Sekarang kita memiliki lapisan kita, klik pada kotak kosong di sebelah ikon yang terlihat seperti bola mata di sebelah Lapisan 1. Ini akan mengunci lapisan itu dan membantu kita menghindari membuat perubahan lebih lanjut pada lapisan itu sementara kita menambahkan garis kita ke Lapisan 2 .

Untuk menambahkan garis, pilih Pen Tool dari menu utama. Kemudian arahkan kursor ke bagian tengah gambar hingga Anda melihat kata “tengah” muncul dalam teks ungu kecil. Setelah Anda menemukan bagian tengah ikon, tahan tombol Shift lalu klik. Untuk membuat garis, cukup pilih tepi ikon yang ingin Anda gambar dan klik tepi ikon. Ketika Anda telah menggambar garis Anda, tekan V untuk menyelesaikan. Ulangi ini sebanyak yang Anda inginkan.

Anda akan melihat bahwa kami memiliki garis untuk dikerjakan, tetapi itu tidak terlalu banyak menambah logo kami. Untuk mengubah tampilan garis itu, buka menu Appearance di sisi kanan layar. Anda akan melihat pada tangkapan layar di bawah bahwa kami telah mengubah baris menjadi 12pt, yang membuat perbedaan besar.

Percaya atau tidak, ini benar-benar memberi Anda dasar yang layak untuk mulai menjelajahi cara membuat logo di Illustrator. Pada tangkapan layar di bawah, Anda akan melihat bahwa kami telah melakukan hal itu, hanya dengan langkah-langkah yang telah kami ulas di sini sejauh ini. (Catatan: Kami pikir warna asli pada Layer 1 terlihat aneh, jadi kami mengubahnya menjadi warna oranye solid.)

5. Tambahkan teks

Jadi kami telah menambahkan beberapa garis dan bentuk di logo kami. Itu awal yang bagus, tetapi apakah itu akhir dari tutorial kami tentang cara membuat logo? Tidak, saatnya menambahkan beberapa teks.

Untuk memulai, pilih alat Teks dari menu utama. Kemudian seret melintasi bagian dokumen Anda untuk membuka editor.

Tentu saja, kita tidak akan pernah menggunakan teks lorem ipsum standar yang dihasilkan Illustrator. Di kotak yang baru saja Anda buat, masukkan teks yang ingin Anda sertakan dalam logo Anda. Kemudian pilih font dan ukuran font dari menu Character di bagian atas layar Anda.

mari tambahkan teks kita ke ikon. Gunakan alat seleksi untuk menyeretnya ke gambar.

Karena kami telah menggunakan warna solid untuk sebagian besar gambar kami, kami juga akan membuat teks menjadi putih. Untuk melakukannya, sorot teks dan kembali ke menu Appearance. Sekarang ubah warna Stroke dan Fill menjadi Putih.

Penting untuk dicatat bahwa kita hanya membahas beberapa dasar dan hanya menggores permukaan cara membuat logo di Illustrator. Tapi seperti yang Anda lihat, menguasai dasar-dasarnya adalah langkah pertama. Dari sana? Lihat ke mana kreativitas Anda membawa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.