Cara Membuat gambar Ilustrasi

Membuat gambar Ilustrasi

Pengertian ilustrator

Ilustrator adalah seniman yang membuat gambar untuk mengiringi iklan, artikel, dan media lainnya. Membuat karya seni yang terlihat profesional memang menantang, tetapi siapa pun dapat membuat ilustrasi yang brilian jika mereka mau meluangkan waktu untuk berlatih. Anda dapat meningkatkan ilustrasi Anda dengan menggambar secara teratur, mendorong diri Anda untuk menangani subjek yang kompleks, dan menjadi terbiasa dengan program digital yang digunakan oleh para profesional. Dengan kerja keras yang cukup, pekerjaan Anda akan mulai meningkat dalam waktu singkat!

Langkah 1 – Membuat ilustrasi dinamis

1. Pilih lokasi sumber cahaya Anda untuk memandu bayangan dan sorotan Anda.

Pilih satu titik dalam komposisi atau tepat di luarnya untuk menempatkan sumber cahaya Anda. Itu bisa berupa lampu atau matahari dalam gambar itu sendiri atau Anda dapat membayangkan sumber cahaya di luar komposisi itu sendiri. Gunakan sumber cahaya selama proses menggambar untuk memandu bayangan dan sorotan Anda agar tetap konsisten.

  • Untuk membuat bayangan dinamis, sebagian besar seniman memilih untuk menempatkan sumber cahaya di kanan atas atau kiri atas bingkai. Namun, Anda benar-benar bisa pergi ke mana saja.
  • Untuk seniman hobi, menambahkan sorotan dan bayangan yang tidak tepat adalah salah satu kesalahan paling umum. Cahaya konstan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ilustrasi terlihat profesional.

 

2. Buat sketsa desain awal Anda dengan goresan yang lebih ringan.

Sulit untuk membuat ilustrasi yang bagus jika Anda langsung masuk ke garis akhir. Mulailah setiap ilustrasi dengan pensil atau alat menggambar ringan dan garis besar elemen dasar sketsa Anda. Ini akan memudahkan untuk membuat penyesuaian kecil dan menemukan masalah apa pun dengan komposisi sebelum Anda terlalu jauh dalam proses menggambar.

  • Sebagian besar ilustrator profesional bekerja secara digital, tetapi Anda dapat berspesialisasi dalam menggambar fisik jika diinginkan. Banyak ilustrator memindai atau memotret karya karya fisik mereka dan me-retouchnya secara digital.

3. Gunakan berbagai garis yang berbeda untuk membuat komposisi yang dinamis.

Saat Anda mengembangkan sketsa awal Anda, gunakan ukuran garis dan bayangan yang berbeda untuk membangun gambar Anda dan membuat bentuk. Gunakan garis yang lebih tebal untuk menguraikan fitur yang lebih tajam dan goresan yang lebih tipis dan lebih lembut untuk menciptakan tekstur dan bayangan. Bergantian antara menggunakan garis lurus untuk menambahkan definisi dan garis mengalir untuk mengembangkan bentuk tidak beraturan.

  • Misalnya, Anda dapat menggunakan garis yang lebih tebal dan lebih lebar untuk menguraikan alur di kulit pohon. Anda kemudian dapat menggunakan goresan yang lebih ringan untuk menambahkan tekstur dan garis bergerigi acak untuk memberikan alur kayu.
    Ada pengecualian untuk ilustrasi abstrak dan minimalis. Gaya ini jarang menggunakan satu ton garis yang berbeda dan seringkali hanya mengandalkan satu jenis garis untuk menciptakan rasa konsistensi dalam pekerjaan.

4. Gunakan palet warna yang mengejutkan pemirsa untuk menarik perhatian mereka.

Warna yang Anda pilih sangat penting untuk mengembangkan ilustrasi yang terlihat profesional. Gunakan palet warna yang kontras satu sama lain dan sesuai dengan komposisi Anda. Misalnya, gambar minimalis yang optimis mungkin menggunakan warna kuning cerah, merah muda, dan biru muda. Gambar yang lebih gelap hanya dapat menggunakan warna abu-abu terang, hitam, dan putih.

  • Gunakan nuansa warna yang sama untuk membuat gambar tampak tiga dimensi dan dinamis. Misalnya, bola basket mungkin berwarna jingga muda di sisi kanan tempat cahaya memantul dan jingga menyala di sisi berlawanan tempat bayangan berada. Mungkin ada 3-5 warna oranye yang berbeda dalam satu objek itu.
  • Pilih warna yang kontras untuk membuat objek yang berbeda menonjol. Misalnya, dasi hitam dengan kemeja biru tidak akan terlihat bagus, tetapi hitam di atas kuning atau putih akan muncul di halaman.

5. Gabungkan warna Anda tergantung pada media dan gaya yang Anda gunakan.

Ketika Anda menambahkan warna Anda tergantung pada proses dan alat Anda. Jika Anda menggunakan pensil warna atau spidol, kerjakan dari warna paling terang hingga warna paling gelap. Secara digital, Anda dapat membuat warna dengan cepat. Tambahkan nuansa cat air atau akrilik ke pekerjaan fisik terakhir, dan kerjakan setelah kering sesuai kebutuhan.

  • Menambahkan warna di bagian akhir akan menekankan warna dan meningkatkan kontras. Menambahkan garis besar dan pekerjaan garis di akhir akan menempatkan fokus pada garis itu sendiri. Itu benar-benar tergantung pada apa yang Anda gambar dan apa tujuan Anda.
  • Anda tidak harus menggunakan warna, tetapi sebagian besar ilustrasi cenderung demikian, karena warna menarik pemirsa untuk menggali lebih dalam produk atau media yang terkait dengan ilustrasi tersebut.

6. Tambahkan bayangan dan sorotan Anda setelah subjek Anda dikembangkan.

Setelah ilustrasi Anda memiliki beberapa detail dan warna, mulailah mengembangkan bayangan dan sorotan. Gunakan tanda yang lebih gelap untuk bayangan dan tanda yang lebih terang untuk bayangan. Tempatkan bayangan Anda di belakang objek apa pun di sisi berlawanan dari sumber cahaya Anda, dan lakukan sebaliknya untuk sorotan Anda. Ini akan memberi ilustrasi Anda kesan mendalam dan membuatnya terasa profesional.

  • Teknik shading populer termasuk cross hatching, yang melibatkan garis tumpang tindih tegak lurus satu sama lain untuk menciptakan kedalaman, dan kontur shading, di mana Anda menambahkan set garis paralel bergelombang untuk membuat bentuk terasa bulat.
  • Jika Anda bekerja secara digital, alat penghapus adalah cara yang bagus untuk menghaluskan garis kasar dan menambahkan sorotan.

7. Gunakan bahan berkualitas tinggi jika Anda melakukan seni fisik.

Ambil beberapa pensil grafit yang lebih bagus dalam berbagai kepadatan berbeda untuk membuat bayangan lebih mudah. Ambil beberapa kertas sketsa dengan kertas bebas asam untuk melestarikan pekerjaan Anda. Jika Anda bekerja dengan tinta, belilah paket spidol seni kelas atas untuk memudahkan pewarnaan dan bayangan.

  • Jika Anda bekerja secara digital, tidak ada pengganti tablet menggambar yang bagus dengan stylus yang bagus. Ini pada dasarnya adalah satu-satunya perangkat keras yang Anda butuhkan untuk ilustrasi digital.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.