Cara Membuat Logo 3D Realistis Menggunakan CorelDraw

Membuat Logo 3D Realistis dari Awal Menggunakan CorelDraw

Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara membuat logo bola 3d yang realistis. Tutorial ini untuk desainer yang menggunakan CorelDraw sebagai perangkat lunak utama mereka. Jenis logo ini bekerja dengan baik untuk perusahaan yang berfokus pada teknologi, karena memiliki nuansa teknologi tinggi. Setelah mengerjakan tutorial ini, Anda akan dapat membuat desain serupa dalam pekerjaan Anda. Cara Membuat Logo 3D Realistis Menggunakan CorelDraw

Langkah 1: Elemen Dasar

Pertama-tama Anda harus menggunakan CorelDraw dengan versi 11+. Dalam tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X4. Oke mari kita mulai. Mari kita lihat elemen dasar yang digunakan untuk membuat desain kita:

  1. Bola
  2. bentuk “S”.
  3. Latar belakang

Langkah 2: Membuat Lembar Kerja

Pertama-tama buka program CorelDraw Anda. Sekarang buat file baru dan atur ukuran kertas menjadi A4 dengan tampilan landscape.

Langkah 3: Membuat Lingkaran

Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool. Temukan mereka di toolbar kiri. Setel ke ukuran 7×7 cm.

Langkah 4: Membuat Kotak

Buat kotak menggunakan Rectangle Tool temukan di toolbar kiri. Buatlah sebuah kotak dengan ukuran 8,3 x 8,3 cm. Pilih kotak dan lingkaran, lalu buat menjadi lebar tengah menggunakan tombol C + E.

Langkah 5: Konversi ke Kurva

Pilih kotak menggunakan Pick tool pada toolbar kiri atas pertama. Kemudian ubah kotak menjadi kurva menggunakan Command + Q, atau buka bilah alat atas lalu temukan Atur > Konversi ke Kurva.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit simpul atau bingkai kotak. Setelah itu pergi ke Shape Tool. Ini adalah bilah alat kiri atas kedua, dan klik. Sekarang Anda akan melihat simpul kotak.

Langkah 6: Membuat Node

Gunakan Shape Tool untuk menambahkan 6 node ke kotak dengan mengklik dua kali garis kotak, dengan posisi seperti di bawah ini.

Langkah 7: Menyeret Node

Pilih simpul di kiri tengah dan seret menggunakan Shape Tool. Ini berlaku juga untuk node kanan. Seret mereka ke tengah dengan posisi yang ditampilkan.

Langkah 8: Konversi ke Kurva

Sekarang masih menggunakan Shape Tool Klik kiri garis di antara node yang telah Anda seret, dan ubah menjadi kurva menggunakan Convert Line to Curves.

Itu ada di bilah alat atas, sampai Anda melihat 2 panah di baris. Ini juga berlaku untuk semua garis di antara simpul tengah yang telah Anda seret.

Langkah 9: Membuat Bentuk “S”

Sekarang masih menggunakan Shape Tool Klik kiri panah di node dan Anda dapat menariknya, itu akan membuat bentuk melengkung. Seret bentuk hingga terlihat seperti bentuk “S”.

Langkah 10: Warnai Bentuk “S”

Sekarang kotak itu berbentuk seperti huruf “S”. Sekarang mari beri warna agar terlihat sedikit metalik. Pilih bentuk “S”. Pergi ke Fountain Fill Tool, yang ada di toolbar kiri bawah. Pilih Custom fill pada color blend dan buat tipe Radial.

Sekarang Anda akan melihat kotak warna. Anda dapat mengubah warnanya dengan mengklik kiri, mengisi warna dengan 50% Hitam di sebelah kiri, dan putih di sebelah kanan. Anda dapat membuat isian khusus dengan mengklik dua kali pada kotak warna. Isi warna dengan 50% Hitam di kiri tengah, dan putih di kanan tengah. Dua warna khusus di tengah akan membuat gradasi warna menjadi lebih lembut.

Jika Anda melakukannya dengan benar maka akan terlihat seperti ini.

Langkah 11: Warnai Lingkaran

Sekarang kita akan bekerja dengan bola. Klik kiri bola, dan pergi ke Fountain Fill Tool untuk mewarnai. Setelah Anda membuka Fountain Fill Tool, pilih Custom color blend, dan buatlah menjadi Radial Type.

Isi kotak Warna sisi kiri dengan Warna Merah Tua. Anda dapat membuatnya dengan mengklik yang lain di palet warna kiri bawah. Setel ke merah gelap dengan menyeretnya. Dan isi sisi kanan dengan warna Merah normal, ini akan membuat gradien dari gelap ke merah terang.

Jika Anda id dengan benar maka akan terlihat seperti ini.

Langkah 12: PowerClip

Setelah itu kita akan memasukkan bentuk “S” ke dalam bola dengan alat PowerClip. Klik kiri bentuk “S”, lalu pergi ke toolbar atas dan temukan Effect > Powerclip > Place Inside Container.

Kemudian Anda akan melihat panah hitam, klik kiri ke bola, dan sekarang Anda akan melihat bahwa tipe “S” ada di dalam bola. Anda bisa masuk “ke dalam” atau “ke luar” wadah dengan menahan Command sambil mengklik dua kali.

Langkah 13: Mengedit Di Dalam Wadah

Oke semakin menarik kan. Sekarang kita akan mengedit di dalam wadah, yaitu bola. Tahan Command sambil menjilat bola dua kali dan sekarang Anda berada di dalam wadah. Buat kotak khusus di dalam wadah, dan bentuk.

Bentuk itu menggunakan Shape Tools

Langkah 14: Mengedit Bentuk Kustom

Sekarang kita akan mewarnai Bentuk Kustom yang telah Anda buat. Pergi ke Fountain Fill Tool, yang ada di toolbar kiri bawah. Pilih Custom fill pada color blend Dan buat type Linear.

Sekarang Anda akan melihat kotak warna. Anda dapat mengubah warna dengan mengklik kiri. Isi warna dengan Hitam di kiri dan kanan. dan Anda dapat membuat isian khusus dengan mengklik dua kali pada kotak warna, isi warna dengan Hitam di kiri tengah, dan kanan tengah, dan 50% Hitam di tengah. Gunakan sudut 45 derajat.

Lakukan ini pada kedua Custom Shapes.

Sekarang Kirim Dua Bentuk Kustom ke lapisan bawah dengan memilih keduanya dan menekan Command + Page ke bawah.

 

Langkah 15: Menambahkan Tekstur ke dalam bentuk S

Dan sekarang kita akan menambahkan sedikit tekstur pada bentuk “S”. Saya membuat ini di Photoshop, jadi saya tidak akan menjelaskannya di sini. Ini tersedia di file ‘sumber’

Oke, sekarang impor tekstur logam ke file kerja Anda dengan menekan Command + I.

Klik Tekstur Logam dan Tempatkan di dalam Kontainer bentuk “S” menggunakan PowerClip (lihat langkah 12 untuk informasi tentang prosesnya). Sekarang jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan melihat sesuatu seperti ini.

Berikut adalah tampilan dari Luar Kontainer.

 

Langkah 16: Transparansi

Sekarang kita memiliki dua container, Container Sphere dan Container bentuk “S”. Sekarang Kontainer bentuk “S” akan memiliki tekstur, tetapi masih terlalu gelap, jadi mari kita terangkan sedikit.

Masuk ke dalam wadah bentuk “S” dengan menahan Command sambil mengklik dua kali. Di dalam wadah bentuk “S” Klik tekstur Logam dan pergi ke Alat Transparansi Interaktif, itu ada di bilah alat kiri bawah. Kita akan membuat tekstur logam sedikit transparan, di Alat Transparansi Interaktif pergi ke toolbar kiri atas. Di sana Anda akan melihat jenis transparansi, atur ke seragam. Saat masih berada di Interactive Transparency Tools, Anda akan melihat tool Set Transparency Point, beri nilai 80. Cara Membuat Logo 3D Realistis Menggunakan CorelDraw

Langkah 17: Membuat Bayangan

Sekarang kita akan menambahkan sedikit bayangan pada bentuk khusus di dalam wadah bola, yang memberi aura pada bola. Masuk ke dalam wadah Sphere dengan menekan Command + Klik dua kali, dan pilih dua bentuk hitam kustom. Setelah Anda memilihnya, temukan Alat Bayangan Interaktif, yang ada di bilah alat kiri bawah. Setelah itu, Anda akan melihat bahwa kursor Anda berubah menjadi kotak, tahan dan seret untuk membuat bayangan.

Terapkan ini pada kedua bentuk khusus, dan akan terlihat seperti ini dari luar wadah.

Langkah 18: Menerapkan Tekstur Balapan

Sekarang kita akan menerapkan Racing Texture pada bola. Di dalam file ‘sumber’ Anda akan menemukan racing-texture.cdr. Impor ke dokumen kerja Anda. Cara Membuat Logo 3D Realistis Menggunakan CorelDraw

Sekarang kita akan menempatkan tekstur ke dalam bola merah. Pilih tekstur dan masukkan ke dalam wadah Sphere dengan PowerClip (proses dijelaskan pada langkah 12).

Di dalam Sphere Container letakkan tekstur di bagian bawah layer dengan menekan Command + Page Down. Setelah itu pergi ke Alat Transparansi Interaktif dan atur jenisnya menjadi seragam dan atur nilai transparansi menjadi 80.

Jika Anda melakukannya dengan benar, akan terlihat seperti ini di luar wadah.

Langkah 19: Membuat Latar Belakang

Sekarang kita akan membuat Background untuk bola. Buat persegi panjang atau kotak untuk latar belakang, warnai dengan warna yang lebih gelap atau abu-abu – terserah Anda. Sesuaikan isiannya, seperti pada langkah 11. Kirim latar belakang ke bawah dengan menekan Command + Page Down.

Setelah itu beri bayangan ke dalam bola menggunakan Interactive Shadow Tool (lihat langkah 17).

Sekarang kita akan meninggalkan bola itu sebentar. Sekarang buat bentuk bintang menggunakan Star Tool, yang terletak di toolbar kiri. Klik kiri dan seret ke dokumen Anda untuk membuat bintang.

Pada bilah alat atas Anda akan melihat nilai poligon untuk bintang. Terapkan nilai 8 untuk membuat bintang 8 sudut.

Setelah Anda membuat bintang, buka Alat Distorsi di bilah alat kiri. Ketika Anda mengkliknya, pada bilah alat atas akan muncul Jenis Distorsi, setel ke ” Distorsi.

Sekarang ambil bintangnya, dengan menahan dan menyeret Klik kiri, dan buat gerakan melingkar searah jarum jam untuk mendistorsi bintang.

Bentuk tekstur latar belakang kita sudah selesai, sekarang beri warna di dalamnya (warna apa saja) dan terapkan pusaran ke bola.

 

Langkah 20: Menciptakan Cahaya

Kita akan membuat cahaya, yang akan memberi aura pada bola. Sekarang buat sebuah bola kecil dengan ukuran apa pun yang Anda suka, asalkan lebih kecil dari bola merah. Gunakan Ellipse Tool untuk membuatnya, dan taruh dan warnai sesukamu.

Sekarang buat bayangan untuk bola kecil menggunakan Interactive Shadow Tool, lalu seret ke bola merah besar. Alih-alih membuat bayangan hitam sekarang kita akan membuat bayangan putih, atur Opacity Shadow ke maks, Shadow Feathering ke 62, dan Shadow Color ke White.

Anda dapat memisahkan bayangan dan lingkaran kecil dengan menekan Command + K. Gandakan cahaya putih dan Anda akan mendapatkan hasilnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Logo Pemerintah Desa

About deni

Check Also

Logo Kabupaten Kuningan PNG

Logo Kabupaten Kuningan PNG Menelusuri Makna dan Keunikan Logo Kabupaten Kuningan Hello Sobat Grafisnesia! Selamat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *